KAMPAR – Sebanyak 82 rumah warga di Desa Kasikan, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, terendam banjir akibat intensitas hujan yang tinggi.

Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar menjelaskan akibat intensitas hujan Kamis (23/6/2022) yang tinggi pada pukul 17.00 hingga 20.00 Wib mengakibatkan sungai di Tapung Hulu meluap dan mengakibatkan banjir setinggi 40 sampai dengan 60 cm, yang merendam 82 rumah dan diperkirakan berdampak pada lebih kurang 229 jiwa.

Kalaksa BPBD Kabupaten Kampar, Agustar mengatakan Tim Logistik bersama Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) Pusdalops PB BPBD Kabupaten Kampar telah melakukan monitoring, kajian cepat dan pendataan ke lokasi kejadian.

"Kondisi di lapangan saat ini air sudah berangsur surut. Aktivitas masyarakat sudah  kembali normal. Untuk sementara pangan atau sembako guna melengkapi dapur umum telah didirikan oleh masyarakat," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, untuk menindaklanjuti agar tidak terjadi bencana banjir kembali perlu dilakukan normalisasi sungai Tapung Hulu.

Turut melakukan peninjauan ke lokasi, anggota DPRD Kabupaten Kampar, Sunardi, Kasubbid Logistik dan Satgas TRC Pusdalops-PB BPBD Kampar, Camat Tapung Hulu, Dinas Sosial Kabupaten Kampar, aparatur desa dan masyarakat setempat.***