JAKARTA - Innalillahi wainna ilaihi rojiun, tokoh perempuan senior asal Riau yang juga mantan anggota DPD RI periode 2014-2019, Maimanah Umar Meninggal Dunia Senin (2/12/2019).

Kabar duka ini pun langsung viral di berbagai medsos. Pesan berantai kabar Maimanah Umar Meninggal Dunia itu sudah mulai tersiar sejak pukul 14.30 WIB. Dihubungi GoNews.co, puteri dari Maimanah Umar, yang juga Anggota DPD RI periode 2019-2024, Misharti membenarkan hal tersebut. "Iya Ibu meninggal di Malaysia," jawabnya singkat.

Berdasarkan informasi sementara perempuan yang juga dikenal sebagai tokoh pendidikan dan Pemilik Yayasan Masmur itu meninggal sekitar pukul 14.00 WIB (15.00 waktu Malaysia) di satu Rumah Sakit di Malaka.

Untuk dikethui, Maimanah Umar sendiri sudah lama menderita Anggota DPD RI beberapa periode itu sebelumnya saat menjabat sempat diberhentikan sementara oleh anggota Badan Kehormatan DPD di era kepemimpinan DPD RI, Oesman Sapta Odang

Maimanah Umar yang sudah berusia 82 tahun dan mengaku selama dua periode menjadi anggota DPD RI selalu rajin hadir. Namun demikian, Ia mengakui di akhir masa jabatanya sebagai Senator, sering mengalami sakit dan terpaksa beberapa kali tidak hadir dalam persidangan.

"Saya selalu lampirkan surat keterangan dari dokter bahwasanya saya tidak bisa menghadiri sidang karena sakit dan suratnya sampai terus, "ujar Maimanah Umar, Jumat (11/1/2019).

Maimanah mengaku juga kaget ketika ada putusan sidang yang memutuskan Ia diberhentikan sementara dengan alasan malas hadiri sidang. "Padahal saya tidak hadir bukan karena malas, tapi kondisi kesehatan saya yang tidak mengizinkan, jadi ini harus saya sampaikan untuk meluruskan, "ujarnya.

Bahkan lanjut Maimanah Umar pada sidang penetapan dirinya diberhentikan sementara tersebut sempat datang pada acara sidang yang digelar 21 Desember itu. Namun karena sidang diundur akhirnya Ia memutuskan untuk pergi istirahat.

"Siangnya saya sudah berniat hadir, cuma kan sidang diundur terus dan karena kesehatan saya belum pulih betul makanya saya pilih istirahat, "ujarnya.***