PEKANBARU -Pendaftaran calon jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan ditutup hari ini, Jumat (7/1/2022). Di hari terakhir, panitia seleksi (Pansel) telah menerima sebanyak 66 berkas administrasi pendaftar. Dari 66 berkas tersebut 58 orang mendaftar langsung, dan 8 orang mendaftar secara online.

Sekretaris Pansel Assesment pejabat eselon II, Budi, mengatakan, panitia telah menutup pendaftaran pada Jumat sore pukul 17.00 WIB. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi. Dari 66 peserta yang mendaftar, lebih banyak pejabat eselon III yang mendaftar untuk mengisi 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dibuka, baik dari provinsi maupun dari kabupaten kota.

“Hari terakhir pendaftaran, yang mendaftar sebanyak 66 orang, 58 orang mendaftar langsung dan 8 orang secara online. Dari data yang kami lihat lebih banyak pejabat eselon III yang mendaftar. Ada juga pejabat eselon II dari kabupaten kota yang mendaftar. Selanjutnya kami akan menyeleksi berkas administrasinya,” ujar Budi.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan berkas, akan dihitung jumlah peminat yang mendaftar di satu OPD. Dimana dalam aturannya minimal tiga pendaftar untuk satu OPD, total yang harus mendaftar sebanyak 36 orang.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan berkas, akan dihitung jumlah peminat yang mendaftar di satu OPD. Dimana dalam aturannya minimal tiga pendaftar untuk satu OPD, total yang harus mendaftar sebanyak 36 orang.

“Kalau kurang ya dibuka lagi pendaftaran selama tiga hari. Kalau 12 OPD yang mendaftar jika dikalikan 3 masing-masing OPD tentu 36 orang. Kalau kurang juga saat dibuka perpanjangan minimal 2 orang pendaftar. Kalau tidak ada juga ya di pending sementara OPD yang tidak ada pendaftarnya. Kalau dilihat dari jumlah pendaftar mungkin mencukupi,” kata Ikhwan.

Untuk diketahui, setelah dibukanya pengumuman persyaratan pendaftaran selama lima hari kerja, BKD Riau menerima pendaftaran, dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan administrasi bagi calon yang mendaftar, 3 sampai 7 Januari. Dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi 14 Januari, diumumkan di bkd.riau.go.id.

Setelah dinyatakan lulus administrasi, dilanjutkan seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultur tangg 17 sampai 18 Januari. Pengumuman hasil seleksi 21 Januari, dilanjutkan dengan penulisan makalah dan presentasi pada tanggal 24 Januari. Untuk di 26 januari presentasi makalah, wawancara, dan pengumuman tiga besar hasil seleksi seluruhnya pada tanggal 7 Februari 2022.

Untuk 12 jabatan eselon II Pemprov Riau yang dibuka seleksi terbuka diantaranya, Asisten II Setdaprov Riau, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Kepala Biro Umum, Kadis Kominfotik. Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Riau, Kepala Dinas Kesehatan Riau, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindung Anak,Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, RS Jiwa Tampan.

Selanjutnya seleksi terbuka untuk pengisian jabatan yang pejabatnya memasuki masa pensiun. Diantaranya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau, dan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Riau. Kemudian seleksi dibuka untuk Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Riau. ***