PEKANBARU – Aki merupakan komponen penting pada mobil. Bila aki lemah, maka komponen vital lainnya pada mobil, seperti pompa bensin, pengapian dan sebagainya, tidak bekerja maksimal, bahkan tidak berfungsi.

Bila kondisi aki tak lagi prima, otomatis akan menimbulkan berbagai masalah, seperti mesin yang kurang bertenaga, tak langsung hidup saat di-starter dan masalah kelistrikan. 

Dikutip dari Kompas.com, kepala toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno mengatakan, tanda yang paling mudah diketahui saat aki sudah mulai lemah ketika pertama kali akan menyalakan mobil.

Menurut Supra, jika start-nya panjang atau tak seperti biasanya, maka besar kemungkinan kondisi aki mulai tak optimal

''Ditandai saat pagi start tidak langsung menyala, atau proses start-nya panjang, lalu usia sudah lebih dari 2 tahun juga bisa jadi pertanda akinya sudah mulai lemah. Kalau demikian bisa mendatangi bengkel guna melakukan pengecekan kapasitas akinya,'' ucap Supra, kepada Kompas.com, Kamis (16/6/2022).

Proses start yang panjang memang bisa menjadi pertanda aki mulai lemah, pasalnya sudah tak mampu memutar mekanikal mesin dengan lancar.

Bisa dibuktikan lagi dengan menekan tombol klakson. Bila suara yang dihasilkan atau bunyinya lemah, merupakan indikasi kuat aki tak lagi optimal.

Bila dibawa ke bengkel, akan dilakukan berbagai pengecekan mulai dari kapasitas ampere, tegangan, air aki, serta kekencangan terminal baterai. Dari data pengukuran tersebut akan ketahuan, perlu atau tidaknya aki diganti dengan yang baru atau sekadar memerlukan charging.***