JAKARTA - Para ahli telah menyimpulkan sejumlah gejala yang diderita seseorang bila terinfeksi virus corona. Di antara gejala tersebut adalah demam, batuk kering, sakit tenggorokan serta kehilangan fungsi indra penciuman dan perasa.

Dikutip dari detik.com, setelah melakukan analisis, para ilmuwan di King's College London menyimpulkan, gejala yang paling akurat mengidentifikasi pasien Covid-19 adalah hilangnya fungsi indra penciuman dan perasa.

Dilansir Daily Star, hal ini didapatkan setelah menganalisis sekitar 1,8 juta orang yang terinfeksi beserta gejala yang dialami. Sekitar 59 persen yang dinyatakan positif Covid-19 mengalami gejala tersebut.

Menurut penelitian tersebut, gejala ini lebih akurat untuk mendiagnosis Covid-19 dibandingkan gejala demam yang selama ini dilaporkan. Dr Maria Van Kerkhove dari WHO mengatakan, ini muncul di saat tahap awal penyakit.

''Orang-orang dengan gejala kehilangan fungsi indra penciuman dan perasa ini tiga kali lebih mungkin membuktikan bahwa ia terinfeksi COVID-19. Jika itu terjadi, kami menyarankan mereka untuk mengisolasi diri guna mengurangi penyebaran penyakit,'' kata peneliti utama Profesor Tim Spector dari King's College.

Gejala lain yang juga bisa menunjukkan saat terinfeksi virus tersebut, seperti batuk terus menerus, kelelahan, diare, sakit perut, kehilangan nafsu makan, sesak napas, dan sakit tenggorokan. ***