JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi mengumumkan terdapat empat negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Kepastian itu diumumkan AFC melalui laman resminya pada Senin (18/7/2022).

Keempat negara tersebut adalah Indonesia, Australia, Korea Selatan, dan Qatar. Namun dari empat negara itu, tidak ada nama Jepang yang sebelumnya disebutkan ikut serta mencalonkan diri sebagai tuan rumah.

AFC sudah menyerahkan dokumen persyaratan menjadi tuan rumah atau regulasi bidding Piala Asia 2023 pada 17 Juni lalu. Nantinya, Keempat federasi tersebut harus sudah menyerahkan dokumen bidding ke AFC hingga batas waktu 31 Agustus 2022.

AFC kemudian bakal mengevaluasi keseluruhan masing-masing kandidat untuk menentukan siapa yang berhak menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Lebih lanjut, AFC menyampaikan pengumuman tuan rumah turnamen sepak bola antar negara Asia itu akan dilakukan pada 17 Oktober 2022.

"Evaluasi keseluruhan akan dilakukan oleh Administrasi AFC sebelum pemilihan dan pengumuman tuan rumah kompetisi 24 tim itu oleh Komite Eksekutif AFC pada 17 Oktober 2022," tulis AFC.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, menyatakan Indonesia bakal mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. "Jadi ada permintaan persetujuan dari PSSI untuk kita mau mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia," kata Zainudin kepada media, Selasa (28/6/2022).

Zainudin mengungkapkan mengapa Indonesia berminat menjadi tuan rumah turnamen empat tahunan itu. Menurutnya, Piala Asia 2023 berdekatan dengan gelaran Piala Dunia U-20 yang juga akan berlangsung di Indonesia. Dengan begitu, kata Menpora, Indonesia masih dalam keadaan siap.

"Karena pelaksanaan ini tidak terlalu jauh dari Piala Dunia U-20. Jadi kita dalam keadaan yang siap, infrastruktur masih ada, kemudian juga Sumber Daya Manusia ada, jadi tidak terlalu sulit melaksanakan itu. Itu jadi poin penting untuk kita," kata Menpora.

Perlu diketahui, Piala Dunia U-20 akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Sementara Piala Asia bergulir 16 Juni hingga 16 Juli mendatang. Sebelumnya, gelaran Piala Asia 2023 dijadwalkan digelar di China. Namun Negeri Tirai Bambu itu mengundurkan diri.***