PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Rokan Hilir, Husaimi Hamidi menyelenggarakan pelatihan bagi 100 orang masyarakat dari dua kecamatan di Rokan Hilir, yakni Kecamatan Pujud dan Tanah Putih.

Pelatihan itu merupakan hasil kerjasama antara Husaimi dengan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau, dimana dia membawa para instruktur Balai Latihan Kerja (BLK) ke Rokan Hilir.

"Ini upaya kita dalam mengatasi anak-anak putus sekolah, kita mau menghidupkan ekonomi masyarakat, Covid-19 ini kan kita harus menciptakan lapangan kerja, karena perusahaan tak buka lowongan," ujar Politisi PPP ini, Rabu (4/8/2021).

GoRiau

Ketua Komisi III DPRD Riau ini berharap, peserta pelatihan bisa memahami setiap ilmu yang disampaikan para instruktur, sehingga mereka bisa mempraktikkan ilmu ini di lapangan.

Adapun ilmu yang diberikan oleh instruktur diantaranya service sepeda motor, service handphone, kursus menjahit dan tata boga. Waktu pelatihan akan dilaksanakan selama 24 hari, nanti masing-masing peserta akan diberikan sertifikat keahlian.

Bagi peserta yang bisa menerapkan ilmunya dengan baik, Husaimi memastikan dirinya siap menjadi 'bapak angkat'. Dimana, dia akan menjadi investor dalam mengembangkan bisnis mereka.

"Misalnya, dua bulan mereka berhasil menerapkan ilmu tata boga, kita buka cafe, kalau dia bisa service motor, kita bukakan bengkel," tuturnya.

Dalam hal ini, Husaimi memprioritaskan anak-anak muda putus sekolah dan kalangan emak-emak, supaya taraf perekonomian mereka bisa meningkat. "Selain itu, kalau mereka sudah mandiri secara ekonomi, mereka tidak terpengaruh lagi sama politik uang, karena mereka sudah mencari uang sendiri," tutupnya. ***