JAKARTA -- Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa presiden pertama RI Soekarno alias Bung Karno menikahi 9 wanita. Wanita kesembilan yang dinikahi Bung Karno adalah Heldy Djafar.

Istri terakhir Bung Karno tersebut baru saja wafat. Heldy Djafar menghembuskan nafas terakhirnya pada Ahad (10/10/2021) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, sekitar pukul 22.00 WIB. Heldy Djafar wafat dalam usia 74 tahun.

Heldy lahir pada 11 Juni 1947 di Tenggarong, Kalimantan Timur. Dia dinikahi Soekarno pada tahun 1966, saat berusia 18 tahun atau masih remaja. Sedangkan Bung Karno ketika itu sudah berumur 65 tahun.

Heldy merupakan anak dari pasangan suami istri (pasutri) H Djafar dan Hj Hamiah. Dia merupakan anak bungsu dari sembilan bersaudara.

Ketua Dewan Pertimbangan Agung (DPA) Idham Chalid dan Menteri Agama Saifuddin Zuhri menjadi saksi pada pernikahan Bung Karno dengan Heldy.

Pernikahan keduanya hanya bertahan dua tahun. Kala itu situasi politik sudah semakin tidak menentu.

Komunikasi tidak berjalan lancar setelah Soekarno menjadi tahanan di Wisma Yaso, Jalan Gatot Subroto. Heldy sempat mengucap ingin berpisah. Namun, Bung Karno tetap bertahan. Soekarno hanya ingin dipisahkan oleh maut.

Pada 19 Juni 1968, ketika Heldy berusia 21 tahun dia menikah lagi dengan Gusti Suriansyah Noor, keturunan dari Kerajaan Banjar.

Saat Heldy sedang hamil tua, dia mendapat kabar Soekarno meninggal dunia. Soekarno wafat pada 21 Juni 1970, dalam usia 69 tahun.***