BANGKINANG - Gudang disamping Ponpes Gontor Putri 7 Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang, Kampar, Riau hangus terbakar, Selasa (7/01/2020) subuh tadi.

Akibat kebakaran gudang ini, sijago merah ini juga membakar 3 unit mobil dan 2 sepeda motor yang terparkir di dalam gudang itu. Adapun jenis kendaraan yang terbakar, yakni mobil Avanza BM-1135-ZA, Pickup Doble Cabin Mazda Nopol BM-9329-TC dan mobil Lickup colt T 120 SS.

Beruntung, pada musibah ini tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu. Namun pemilik atas nama Rino Caniago diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp350 juta.

Kapolsek Tambang Iptu Jurfredi menjelaskan dari keterangan saksi, peristiwa ini terjadi sekira pukul 05.30 Wib tadi. Saksi pertama yang mengetahui adalah Herman (21) warga Desa Rimbo Panjang.

Saat itu Herman tengah tidur di rumah yang bersebelahan dengan gudang tersebut. Kemudian terbangun karena merasakan hawa panas dan melihat api sudah membesar dari gudang milik Rino tersebut.

Menyadari hal itu, saksi langsung berteriak membangunkan pemilik gudang itu, dan minta tolong warga untuk memadamkan api dan mematikan arus listrik di rumahnya maupun rumah yang ada di sekitar gudang.

"Tidak berapa lama warga datang dan berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun api semakin membesar dan tidak bisa dipadamkan. Semakin lama, api akhirnya menjalar ke rumahnya yang berjarak sekitar 4 meter dari gudangnya tersebut. Karena rumahnya Rino ini juga terbuat dari bahan kayu," kata Kapolsek Tambang menceritakan keterangan saksi.

Beberapa saat setelah kejadian, anggota piket Polsek Tambang tiba di lokasi dan langsung menghubungi pihak Damkar Kampar untuk membantu proses pemadaman.

"Sekira pukul 06.15 Wib, datang 2 unit mobil Damkar dari Pemkab Kampar dan 2 unit lainnya dari Pemkot Pekanbaru untuk memadamkan api. Sekitar pukul 07.00 Wib api dapat dipadamkan dengan tuntas. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan kerugian ditaksir sekitar Rp 350 juta.

"Untuk penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan. Namun analisa awal berdasarkan keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian, diduga penyebab kebakaran ini adalah karena hubungan arus pendek atau konsleting listrik yang berasal dari gudang," ungkapnya Kapolsek Tambang Iptu Jurfredi menambahkan. ***