PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru kembali mendeteksi enam titik panas (hotspot) yang tersebar di empat kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Yakni, tiga titik panas di Kabupaten Bengkalis, sedangkan Pelalawan, Siak serta Kuantan Singingi (Kuansing) masing-masing satu titik.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakan, bahwa enam hotspot dengan level confidence di atas 50 persen tersebut terdeteksi satelit Terra, Aqua dan SNNP, sejak pukul 06.00 WIB, pada Selasa (7/1/2020) pagi tadi.

"Enam hotspot ini terdiri dari tiga titik yang terdeteksi di Kecamatan Bukit Batu, Rupat dan Siak Kecil Bengkalis. Serta, Kecamatan Sungai Apit Siak, Kecamatan Kuala Kampar Pelalawan, dan Kecamatan Kuantan Mudik Kuansing masing-masing satu titik," kata Sukisno di Pekanbaru, Selasa sore.

Ia juga menjelaskan, bahwa tingkat kepercayaan atau level confidence dua hotspot ini bervariasi. Di mana dari enam hotspot tersebut, ada tiga titik panas berada di level confidence di atas 70 persen atau diduga sebagai titik api.

"Tiga titik tersebut berada di Siak Kecil dengan level confidence 88 persen, Rupat di level confidence 79 persen, dan Sungai Apit di level confidence 73 persen," tuturnya. ***