GORONTALO – Nama Provinsi Gorontalo akan tercatat sebagai tuan rumah penyelenggara Kejuaraan Asia Mini Football atau Asian Mini Football Championship 2023 di Asia.

Penetapan Gorontalo itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan dan komitmen antara Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, dengan Presiden Asian Mini Football Confederation (AMFC), Mohammad Alddausari, yang disaksikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, pada peluncuran logo dan maskot Kejuaraan Asia Mini Football di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Jumat (16/9/2022).

"Ini menjadi suatu hal yang sangat bagus, dan kepercayaan ini saya harap bisa dijaga oleh Pemerintah daerah Gorontalo, baik Gubernur, Walikota dan Bupati se-Provinsi Gorontalo, supaya ini bisa dilakukan dengan baik,” kata Menpora Amali.

Tak lupa dirinya turut menyampaikan terimakasih kepada Federasi Sepakbola Mini Indonesia (FSMI), yang diketuai Andi Bachtiar Yusuf. Sebab menurutnya pencapaian ini tak luput dari upaya dan usaha yang dilakukan oleh FSMI bersama Pemerintah daerah. “Tentu ke depannya kita akan memberikan dukungan, untuk Provinsi Gorontalo yang akan menyelenggarakan Asian Mini Football ini di tahun depan,” ujarnya.

“Kepercayaan ini adalah sebuah kehormatan yang luar biasa bagi kami. Kesempatan ini kami tindak lanjuti dengan menciptakan beragam kondisi yang bisa diwariskan untuk generasi muda, yaitu dengan menjadikan Tarsius Supriatnai, satwa endemik Gorontalo, sebagai maskot Asian Mini Football Indonesia 2023 mendatang,” timpal Hamka Hendra Noer.

Penyelenggaraan Asian Mini Football Championship adalah untuk yang pertama kalinya digelar dan Gorontalo menjadi tuan rumah pertama. Menurut Presiden AMFC, Mohammad Alddausari, dirinya sangat yakin untuk menggelar Asian Mini Football Championship di Gorontalo karena adanya dukungan yang besar dari Menpora, Zainudin Amali, serta Penjagub Hamka Hendra Noer bersama seluruh pemerintah kabupaten/kota.

“Banyak negara yang menggoda saya untuk menjadi tuan rumah. Tetapi saya memilih Gorontalo karena kita didukung oleh bapak Menpora Indonesia, Penjabat Gubernur dan semua perangkat pejabat di daerah ini,” ujarnya.

Dalam Asian Mini Football 2023, kata Mohammad Al-Dossary, akan diikuti oleh 16 negara yang berasal dari Asia Tenggara, seperti Bahrain, Singapura, Malaysia, Philippine, Jepang dan lain sebagainya.“Maka kami berharap dukungan dari teman-teman semuanya, untuk dapat membantu mensukseskan Asian Mini Football Championship 2023 mendatang, yang akan dilaksanakan di Gorontalo,” pungkasnya. ***