SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Anwar Machrus siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Mempura meraih juara 1 dalam ajang lomba menggambar 'Anti Korupsi' yang ditaja Kejaksaan Negeri Siak Sri Indrapura.

Lomba tersebut diadakan bersempena peringatan hari anti korupsi Internasional yang jatuh pada 9 Desember. Dalam gambarnya, Anwar melukiskan koruptor itu seekor tikus. Tikus tersebut mengenakan jas warna hitam sambil memegang koper di tangan kangan. Sedangkan tangan kiri ada karung. Gambar tersebut mengambil latar kuning.

"Warna kuning ini menambah cerah dari gambar ini, dan nuansa melayu semakin terasa dengan adanya pemuda yang berpakaian melayu," ucap Kepala Kejari Siak Zainul Arifin, SH, MH saat memberikan komentar terhadap karya Anwar, Senin (09/12/2013).

Menurut Zainul, seluruh karya yang dikirim pelajar tersebut bagus-bagus. Namun, karya dari Anwar terpilih sebagai juara 1 sebab nuansa melayu lebih terasa. Untuk karya pelajar lain yang tidak mendapatkan juara, Zainul berpesan jangan berkecil hati. Terus berkarya.

"Jadikan ini nilai tambah ya, ibu dan bapak guru," pesan Zainul untuk majelis guru yang mendampingi siswa. Selain itu, nilai tambah yang diberikan kepada gambar yang dibuat Anwar yakni adanya sebuah pesan dalam bahasa melayu.

Dengan demikian, Anwar berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 1,5 juta sebagai bantuan pendidikan. Tidak hanya itu, seluruh peserta juga mendapatkan sertifikat.

Anwar sendiri mengaku senang dengan lomba tersebut. Bukan nilai hadiahnya, tapi ia merasa bangga bisa ikut kegiatan yang ditaja Kejari Siak. Mengenai inspirasi, ia mengatakan sangat miris dengan kondisi Siak saat ini. Sebab, adanya pejabat yang tersangkut kasus korupsi.

Berikut daftar pemenang lomba menggambar sempena hari anti korupsi Internasional.

Juara I Anwar Macrus dari SMA N 1 Mempura

Juara II Andy Grace Chaterine Iroka Panjaitan dari SMK 1 Mempura

Juara III Sony Fernanda dari SMA Koto Gasib

Harapan I M Fadlan Arasyid dari SMK Pariwisata

Harapan II Afrianto dari SMAN 1 Mempura

Harapan III Zulpan Heri dari SMAN 1 Mempura.(san)