TELUKKUANTAN – Harga bawang merah di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tembus Rp50 ribu per Kg. Kondisi ini sudah berlangsung sejak dua minggu terakhir, membuat para emak-emak menjerit.

"Tentu ini meresahkan, harga yang terus naik. Biasanya cuma Rp30 ribu per Kg, sekarang tembus Rp50 ribu per Kg," ujar Ica, seorang ibu rumah tangga di Telukkuantan, Kamis (19/5/2022) pagi.

Terkait hal ini, Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian, Azhar menyatakan Kuansing masih ketergangungan ke Sumbar dan Jawa untuk bawang merah.

"Dalam beberapa minggu terakhir, pasokan dari Sumbar dan Jawa kurang. Hal ini menyebabkan melonjaknya harga bawang merah," ujar Azhar kepada GoRiau.com, Kamis (19/5/2022) pagi.

Dikatakan Azhar, Kuansing memang salah satu daerah penghasil bawang merah. Hanya saja, produksi bawang merah lokal belum memenuhi kebutuhan pangsa pasar di Kuansing.

"Ke depan, kita akan koordinasikan dengan Dinas Tanaman Pangan, bagaimana pembinaan petani sehingga produksi meningkat. Kalau produksi meningkat, tentu ketergantungan terhadap Sumbar dan Jawa akan berkurang," tutur Azhar.***