DUMAI - Imbas perekonomian yang semakin sulit saat ini begitu dirasakan oleh masyarakat di Kota Dumai, Riau. Buktinya saja, meskipun harga logam mulia, seperti emas 24 karat mulai beranjak naik, namun penjualan emas 24 karat dan sejenisnya disejumlah toko emas menurun hingga 70 persen.

Hal itu disampaikan Acong salah satu pemilik toko emas yang ada di Jalan Sudirman, Kota Dumai, kepada GoRiau.com, Senin (16/5/2016). Menjelang bulan suci Ramadan, sejumlah masyarakat banyak yang menjual logam mulia (emas 24 karat, red) untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

"Saya tanya sama konsumen (masyarakat, red) kenapa dijual emasnya, alasannya kebutuhan hidup semakin sulit. Apalagi perekonomian belum stabil. Banyak phk yang terjadi. Ditambah kebutuhan sekolah ditahun ajaran baru juga dibutuhkan," ulasnya.

Ia menjelaskan, saat ini harga emas 24 karat di Kota Dumai, yang tadinya berkisar diharga Rp490 ribu pergram, saat ini merangkak naik diharga Rp520 ribu pergram. Hampir 80 persen konsumen menjual emas, untuk menutupi kebutuhan sehari-hari dan sisanya digadaikan.

"Emas yang dijual ke kita, jadi stok untuk lebaran nanti. Emas yang sudah dijual ke kita, akan dilebur ulang dan dijadikan model terbaru," tutupnya menjelaskan.

Sementara informasi yang dirangkum GoRiau.com dari AntamGold, harga Jual logam mulia Rp548.000 pergram dan harga Beli Rp545.000 pergram. ***