PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ketersediaan setok gas elpiji di Pekanbaru hingga bulan suci Ramadhan. Meski biasanya menjelang puasa permintaan gas meningkat di Pekanbaru.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman mengatakan, pihaknya akan menjamin pasokan tersedia di Stasiun Pengangkutan dan Pengisian Bulk Elpiji (SPPBE).

"Kami masih menjamin, stok elpiji di Pekanbaru dalan rangka bulan suci Ramadhan aman. Kami akan menjaga pasokan gas mulai dari tangki penampung sampai ke SPPBE," kata Irba.

Mas Irba menyebutkan, untuk saat ini kuota elpiji di Pekanbaru sebesar 11,7 juta ton. Selama puasa biasanya permintaan mengalami peningkatan antara 5 sampai 10 persen. "Kami ingatkan juga Pertamina untuk berjaga-jaga dan mempersiapkan diri untuk stok gas elpiji," ucap Irba.

Agar tidak terjadi kelangkaan gas elpiji, Disperindag mengancam pelaku usaha dalam hal ini pangkalan elpiji, untuk tidak bermain-main dengan kondisi jelang Ramadhan.

"Karena daya beli masyarakat meningkat, kami minta kawan-kawan untuk tidak bermain. Dalam arti, menahan pasokan dan mendistribusikan ke warung atau kedai. Di gas itu ada segelnya dan akan ditelusuri siapa pemasoknya," tegas dia.***