PEKANBARU, GORIAU.COM - Kondisi cuaca di Kota Pekanbaru dalam beberapa hari ini cenderung membaik, keberadaan Posko Kesehatan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, terhitung mulai besok Senin (02/11/2015), ditutup sementara.

Keputusan tersebut tercapai dalam rapat koordinasi antara Dinas Kesehatan dan instansi terkait termasuk petugas dan satgas Posko Kesehatan dan Penanggulangan korban asap, yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau Andra Sjafril, Minggu (01/10/2015), di Aula Kantor Diskes Jalan Cut Nyak Dien.

"Mengingat kondisi udara di pekanbaru sudah mulai membaik, dan tren (kecenderungan) kunjungan warga ke pos kesehatan menurun tajam. Maka kami memutuskan untuk menutup beberapa posko di Kota Pekanbaru," tutur Andra kepada GoRiau.com.

Pelayanan Pos Kesehatan yang rencana akan ditutup adalah Posko Kesehatan MTQ, Panam, Rumbai, Harapan Raya, LAM, Ramayana, Bandara SSK dan Pos Kesehatan yg berada di Pos Evakuasi Serindit dan Gedung Cipta Karya.

"Untuk efektifitas dan efisiensi maka pelayanan kesehatan masyarakat diarahkan ke Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat," tambah Andra.

Dan sementara untuk Pos Evakuasi yang berada di Serindit dan Gedung Cipta Karya tetap dibuka seperti biasa. "Yang kita tutup Posko Kesehatanya saja, untuk Posko Evakuasinya tetap buka," tuturnya

Andra juga menjelaskan, penutupan Posko Kesehatan ini hanya bersifat sementara, maka tenda-tenda Posko tetap berdiri untuk berjaga-jaga jika kondisi udara kembali memburuk, bisa dibuka kembali.

"Tenda yang kita bongkar hanya tenda yang berada di Purna MTQ, sementara yang ditempat lain tetap atau tidak dibongkar," pungkasnya.

Menurut laporan BMKG Pekanbaru, saat ini secara umum cuaca wilayah Provinsi Riau Cerah-Berawan . Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dapat disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore atau malam hari. Dan diprediksi terjadi di sebagian besar Wilayah Riau terutama bagian Pesisir Timur, Utara dan Barat.***