PEKANBARU, GORIAU.COM - Sampai saat ini, Sekeretaris Dewan (Sekwan) DPRD Riau definitf belum kunjung ditunjuk oleh Pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Sebagai lembaga yang menunjang kerja dewan, diharapkan Sekwan ditunjuk adalah tipe orang yang bisa melayani.

Anggota Komisi A DPRD Riau DR. Taufik Arakhman, SH, MH mengatakan, sejauh ini belum ada tanda-tanda Plt Gubri menunjuk Sekwan definitif. Padahal, sejak ditinggal oleh Zulkarnain Kadir, sudah tiga kali pergantian hanya ditempati oleh pejabat pelaksana tugas.

"Sebagai penunjang kerja dewan, sudah seharusnya Plt Gubri menunjuk Sekwan untuk mengisi jabatan yang saat ini dijabat oleh pelaksana tugas. Sekwan merupakan bagian penting dalam melayani kerja dewan," kata Taufik yang juga Ketua Badan Kehormatan DPRD Riau ini, Kamis (22/10/2015).

"Soal siapa yang ditunjuk silakan saja. Sekwan itu yang penting adalah orang yang bisa melayani ritme kerja DPRD, tidak gampang mencari orang yang seperti itu memang, tapi ini harus segera," ujar Taufik Arakhman.

Ia menyebutkan, Plt Gubri sebetulnya tidak perlu ragu menetapkan, cukup jalankan hasil assesment sebelumnya. Selayaknya Plt Gubri menyerahkan langsung nama-nama calon kepada dewan.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau Ir. H. Noviwaldy Jusman. Siapapun nanti yang menjadi Sekwan itu adalah tugasnya sebagai pelayan. Sekwan adalah orang yang memahami kerja dewan dan memiliki mental kuat sebagai pelayan. "Karena mereka di sini melayani 65 anggota dewan, sekaligus melayani Gubernur dan Sekda," sampainya.

Tentang siapa yang layak untuk ditunjuk sebagai Sekwan, Noviwaldy mengaku masih bingung. Tetapi yang jelas baginya, seorang Sekwan adalah orang yang bisa bekerja secara cepat dan tepat.(rul)