JAKARTA, GORIAU.COM - Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto menyatakan pemerintah lambat dalam menangani masalah kebakaran hutan di Propinsi Riau. Padahal kebakaran ini sudah terjadi selama satu bulan. Bahkan kabut asap juga sudah sampai menyelimuti Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Untuk itu, ia minta pemerintah serius mengatasi kebakaran hutan di Riau ini. Karena jelas kabu asap ini menimbulkan berbagai permasalahan baru antara lain: terganggunya jalur lalu lintas, berdampak pada kesehatan, terhentinya aktvitas belajar di sekolah, dan lainnya.

Disamping itu, pemerintah harus memproses secara hukum pihak-pihak yang diduga melakukan pembakaran hutan. Apalagi kejadian ini telah terjadi secara berulang kali. Untuk itu, ia minta pemerintah melakukan langkah-langkah yang cepat dan terkoordinasi untuk segera mengatasi kebakaran hutan ini sebelum semakin berdampak luas.

''Lalu, lakukan pengawasan yang ketat dengan melakukan investigasi terhadap perusahaan-perusahaan yang beroperasi di kawan hutan ini,'' jelas anggota Fraksi PKS kepada GoRiau.com, Kamis (27/2/2014).

Sebagai gambaran, sesuai dengan visi pembangunan kehutanan, yaitu ''Hutan Lestari Untuk Kesejahteraan Masyarakat Yang Berkeadilan'', maka, pemerintah harus sungguh-sungguh melaksanakan amanat ini. ''Karena untuk memulihkan kondisi hutan yang telah rusak akibat kebakaran diperlukan energi yang berlipat ganda. Kan lebih baik kita mencegah daripada mengatasi dampak yang sudah terjadi,'' pungkasnya. (rls)