KIWIROK -- Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembak anggota Brimob Bharatu Bachtiar Yuniwandaru, di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, Senin (17/1/2022), sekitar pukul 06.00 WIT.

Akibat tembakan KKB tersebut, anggota Brimob yang tergabung dalam Operasi Nemangkawi (Damai Cartenz) itu mengalami luka pada bagian punggung.

Dikutip dari sindonews.com, Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito mengatakan, penembakan dilakukan KKB saat Pasukan Damai Cartenz akan ditarik ke Timika Papua.

''Karena penyerangan ini aparat gabungan Damai Cartenz dan Satgas TNI berupaya melakukan pengejaran terhadap KKB pimpinan Lamek Taplo yang diduga melakukan penyerangan," kata Kapolres, kepada MNC Media.

Menurut Kapolres, situasi saat ini di Distrik Kiwirok sudah kondusif pasca-penyerangan terhadap anggota Brimob.

''Seluruh personel melakukan kesiapsiagaan dan Satgas Damai Cartenz akan melakukan penebalan pasukan di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua,'' tandasnya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menyesalkan adanya penyerangan terhadap anggota Brimob saat tengah berjaga di pos.

''Anggota kita diserang oleh KKB saat kondisi masih gelap saat berjaga di pos. Saya menyesalkan terjadinya penyerangan tersebut,'' kata AM Kamal ketika dihubungi Sindonews.

Dituturkannya, korban sudah dievakuasi dari Kiwirok ke Jayapura. ''Saat ini yang bersangkutan sudah ditangani dokter RS Bhayangkara Papua,'' ungkap Kombes AM Kamal.***