PEKANBARU - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan pihaknya akan mengadakan inspeksi mendadak (sidak) di bulan Ramadhan. Sidak ini untuk pengawasan perdagangan bahan berbahaya di Pasar Ramadhan.

Menurutnya, saat bulan Ramadhan ada banyak pedagang dadakan yang bermunculan. Oleh karenanya, ada kemungkinan oknum tidak bertanggung jawab menjual makanan dengan bahan berbahaya, seperti mengunakan pengawet dan pewarna yang tidak seharusnya untuk dimakan.

"Kita akan lakukan pengawasan. Biasanya ada saja oknum yang nakal, supaya produknya tahan lama di kasih pengawet, terus supaya menarik dikasih pewarna," ujarnya, Minggu (4/4/2021).

Ingot menjelaskan pihaknya juga akan bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Nantinya, apabila ditemukan oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut, maka pihaknya akan melakukan penyitaan.

"Kalau ada yang kemudian ditemukan oknum yang menjual makanan berbahaya akan kita sita ya. Kalau oknum tersebut tidak kooperatif kita akan laporkan ke pihak berwajib,"jelasnya.

Sementara itu, Ingot mengungkapkan bahwa Disperindag tentunya tidak dapat mengawasi seluruh produk makanan yang dijual oleh pedagang. Oleh karenanya, ia juga meminta agar konsumen membeli secara teliti.

"Karena, kalaupun pemerintah melakukan pengawasan, tetapi tidak akan 100 persen terawasi. Oleh sebab itu juga diperlukan ketelitian pembeli dalam memilih produk makanan," pungkasnya. ***