PEKANBARU - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 56  yang terletak di Jalan Teuku Cik Ditiro, Tanah Datar, Kota Pekanbaru dan sudah berdiri sejak tahun 1975, akhirnya akan direnovasi.

Menurut kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, renovasi SDN 56 telah dianggarkan kurang lebih Rp700 juta.

"Kita sudah masukkan di anggaran 2019, kita akan rehap, jadi rehapnya sekitar Rp700 juta lebih," kata Abdul Jamal di Pekanbaru, Kamis (29/11/2018).

Selain itu, ia juga menambahkan, dalam anggaran ini sudah masuk dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)."Jika sudah masuk, maka hanya tinggal menjalaninya saja. Untuk bangunan sekolah sendiri tidak di buat bertingkat mengingat jumlah siswa yang tidak terlalu banyak." tambahnya lagi.

Ads
Seperti yang diketahui, bangunan SDN 56 ini cukup memprihatinkan jika dibandingkan dengan lingkungannya. Pasalnya dinding sekolah ini masih terbuat dari papan. Tidak hanya dinding, bagian plafon yang terbuat dari triplek juga nampak jebol dan tak mampu menahan rembesan air karena beberapa bagian atapnya juga ada yang bocor.

Tidak hanya itu, nantinya Disdik akan melakukan rehab-rehab kecil dan akan dibagi karna mengingat jumlah sekolah di Kota Pekanbaru ada 194 SD ditambah dengan 44 SMP Negeri.

Sedangkan untuk pembangunan kelas baru, kepala dinas akan memperuntukkan dua SMP yaitu, SMP Negeri 42 dijalan Adi Sucipto, Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai dan an SMP Negeri 44 beralamat di Jalan Damai, Palas, Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru.

Sedangkan untuk pembangunan dan renovasi lainnya, Disdik akan mencoba melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dari bantuan pusat atau biasa disebut block grant.

"Untuk pembangunan yang lain kita coba melaui dana DAK, dan bantuan Pemerintah Pusat," tandasnya. ***