PEKANBARU, GORIAU.COM - Satu per satu, atlet andalan Riau hengkang untuk memperkuat daerah lain. Terkahir, satu pemanah Riau peraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 lalu dikabarkan sudah bergabung dengan Banten.


Informasi ini disampaikan sumber GoRiau.com di jajaran Pengurus Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Riau, Minggu (23/3/2014). Disebutkannya, Ayu Lestari sudah bergabung dengan tim panahan Banten sejak Februari 2014 lalu.


"Surat rekomendasinya juga sudah ditembuskan ke KONI Riau. Terhitung sejak Februari 2014 kemarin," katanya melalui selular.


Disebutkannya, cukup disayangkan jika pemanah sekelas Ayu Lestari dibiarkan berlabuh ke daerah lain, mengingat Riau tengah menggesa berbagai persiapan sepanjang tahun ini. Mulai dari kejurnas, open turnamen hingga agenda resmi dari PB Perpani sendiri.


Ayu Lestari merupakan peraih medali emas di nomor beregu nasional dengan Sella Triadi cs. Emas tersebut merupakan medali satu-satunya dari cabang panahan Riau. Selain itu, medali tersebut juga merupakan sejarah bagi panahan Riau karena memang baru pertama kali di PON sejak panahan Riau terbentuk.


Sementara itu, Anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Riau, Ridaswin saat dikonfirmasi mengakui hal tersebut. Dimana Pengprov Perpani Riau memang telah melayangkan surat atas kepindahan Ayu Lestari.


"Memang ada, namun kita belum keluarkan rekomendasinya," kata Ridaswin yang dihubungi melalui selularnya.


Dijelaskan Ridaswin, tidak semudah itu untuk pindah, karena masih banyak proses yang harus dilalui atlet yang bersangkutan. Salah satunya jalan jelas dengan mutasi, namun syarat utamanya harus ada rekomendasi dari KONI yang bersangkutan.


"Sementara sejauh ini kita belum mengeluarkan surat untuk mutasi Ayu. Jadi terserah dia mau berlatih dimana, namun statusnya masih milik kita," jelas Ridaswin.


Kemudian untuk tindak lanjutnya, KONI Riau akan memanggil jajaran pengurus dan pelatih panahan Riau dalam waktu dekat untuk membahas masalah ini. "Kita ingin pastikan dan bagaimana solusi yang baiknya," tegas Ridaswin.***