TELUKKUANTAN - Meski dalam suasana pandemi Covid-19, upacara peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau di Lapangan Limuno Telukkuantan, Selasa (12/10/2021) pagi berlangsung khidmat. Bupati Kuansing, Andi Putra bertindak sebagai inspektur upacara.

Kemudian, upacara ini juga dihadiri oleh Wabup Kuansing, Suhardiman Amby, Ketua PN Telukkuantan Wijawiyata, SH, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, Kajari Kuansing Hadiman, Ketua PA Kuansing, Dandim 0302 Inhu yang diwakili Pabung serta pimpinan instansi vertikal lainnya. Selain itu, juga hadir Pj Sekda Kuansing, Agusmandar bersama kepala OPD se-Kuansing.

Menurut Bupati Kuansing, pelaksanaan upacara sebagai upaya untuk mengenang jasa dan semangat serta penghargaan atas nilai-nilai perjuangan para pendiri kabupaten, dalam usaha mewujudkan Kuansing sebagai daerah otonom.

"Perjuangan pembentukan otonom bertujuan untuk pembangunan dan pelayanan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujar Andi.

Dikatakan Andi, setiap tahun, Pemkab Kuansing selalu melaksanakan peringatan HUT Kuansing penuh suka cita dan meriah. Namun, di tengah situasi pandemi Covid-19, peringatan dilaksanakan secara sederhana, namun tidak mengurangi makna.

"Pandemi ini mengajarkan kita arti kesederhanaan, kepeduliaan dan kebersamaan. Pada titik inilah, kita perkuat kembali kebersamaan, persatuan dan semangat gotong royong, mari sama-sama berjuang agar bangsa Indonesia, khususnya Kuansing terbebas dari Covid-19," urai Andi Putra.

Dikatakan Andi, estafet pembangunan dan semangat mempertahankan persatuan dan kesatuan harus sambung-menyambung, tak kenal kata putus. Semangat perjuangan dan pengorbanan itu menjadi warisan luhur pendiri daerah yang tak kenal padam di tengah hantaman perubahan zaman.

"Semangat inilah yang terus kita jaga dan warisi dari para pendiri daerah," kata Andi. Oleh karena itu, guna melanjutkan pembangunan, Pemkab Kuansing sudah merumuskan pola pembangunan ke depan dengan visi terwujudnya Kabupaten Kuansing yang berbudaya, religius, maju, berwawasan, sejahtera dan harmonis di Provinsi Riau tahun 2026.

"Pada usia ke-22 ini, dapat saya sampaikan bahwa berkat dukungan semua elemen masyarakat, banyak capaian membanggakan yang diraih Pemkab Kuansing. Kendati demikian, masih ada cita-cita yang perlu kita perjuangkan bersamaan dengan perjuangan kita melawan Covid-19," tutur Andi.

Menurut Andi, Kuansing dikarunia segala kekayaan dan keberagaman potensi, tentunya harus dijaga sepenuh hati, dikelola dengan hati nurani, pikiran dan tindakan demi kemajuan daerah. Hal itu sesuai dengan tema HUT ke-22 Kuansing tahun 2021, yakni 'Bangkit Sehat Bersama Menuju Kuantan Singingi Negeri Bermarwah'.

"Mari kita jaga persaudaraan dan berdayakan segala potensi yang ada untuk bangkit menjadi daerah yang bermarwah dan tangguh dengan terwujudnya kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran bersama," tutup Andi.***