RENGAT - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau berkomitmen mendukung pelestarian hutan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). Komitmen itu juga ditunjukkan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Inhu yang dituangkan dalam komitmen bersama pada Senin (11/10/2021) di Rengat.

Pada kesempatan ini, Bupati Inhu diwakili oleh Wabup Junaidi Rachmat. Ia menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraaan ekspose TNBT. Menurutnya, ini momentum yang tepat dalam rangka mensinergikan upata-upaya menjaga, melestarikan dan mengembangkan kawasan TNBT.

Upaya penyelamatan hutan, lanjut Junaidi, bukanlah pekerjaan yang mudah. Begitu juga dengan upaya yang dilakukan Balai TNBT dalam melestarikan hutan TNBT.

"Karena kendala yang paling besar adalah bagaimana mengubah pola pikir serta membentuk kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan," terang Junaidi.

Oleh sebab itu, Junaidi mengimbau kepada semua pihak mulai dari tokoh masyarakat, pihak desa dan kecamatan bahkan aparat penegak hukum agar bersama mendukung upaya pemanfaatan potensi dan menjaga kelestarian kawasan TNBT.

Junaidi juga mengapresiasi atas kinerja yang dilakukan Balai TNBT atas upaya-upaya yang dilakukan melalui program pemberdayaan demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai TNBT Fifin Arfiana turut menyampaikan paparan berkaitan dengan informasi dan potensi yang ada di kawasan TNBT.

Selain Wabup, tampak hadir juga dalam kegiatan itu Wakil Ketua DPRD Masrullah, Wakapolres Kompol Zulfa Renaldo, Danramil 04 Kapten Inf. H.B. Sitepu, perwakilan Kejari serta Pengadilan Negeri Rengat.***