KUANSING, GORIAU.COM - Pekatnya kabut asap yang masih menyelimuti Riau tentu saja memprihatinkan kita semua. Oleh karena itu  Asian Agri melalui berbagai unit bisnisnya terus melakukan kegiatan-kegiatan CSR  (Corporate Social Responsibility) yang bertujuan untuk membantu meringankan warga yang terkena dampak asap. Mulai dari melakukan  pengobatan gratis ke desa-desa, pembagian masker  dan vitamin, bahkan dimasa  darurat asap ini perusahaan juga  telah membuka klinik kebun untuk dapat melayani warga sekitar.


Maka pada 22 Oktober 2015, unit bisnis Asian Agri PT. Inti Indosawit Subur - Pabrik Sungai Pokahan melakukan aksi sosial dengan membagi masker, vitamin dan air mineral kepada masyarakat. Kegiatan dilakukan sejak pagi ini diawali dengan pembagian paket (Masker, Vitamin C dan Air Mineral) kepada semua masyarakat Desa Simpang Koran dan dilanjutkan dengan aksi pembagian masker, air mineral dan vitamin C kepada pengguna jalan.


Manager Pabrik Sungai Pokahan, Arwediedy Gultom mengatakan: “Selain warga sekitar perusahaan, kami juga ingin agar bantuan kami juga dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi. Oleh karena itu setelah melakukan pembagian paket ke masyarakat desa Simpang Koran, maka pembagian kami lanjutkan ke Jalan lintas Pekanbaru – Taluk Kuantan,” ujarnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23102015/asian2jpg-3241.jpg
Selain itu, beliau juga menyatakan bahwa aksi ini merupakan wujud kepedulian Asian Agri terhadap bencana asap yang terjadi. “Kiranya hal ini dapat membantu masyarakat, karena disini masker juga sulit didapat,” pungkasnya.

Ads

Selain masker, Pabrik Sungai Pokahan juga membagi air mineral dan vitamin C. “Selain membagi masker, kami juga membagi air mineral dan vitamin C, hal ini untuk menghimbau warga agar pada masa darurat asap ini perlu menjaga daya tahan tubuh dengan banyak minum air minum dan mengkonsumsi vitamin,” ujarnya menjelaskan.


Ninik Mamak Desa Tanjung Pauh, Hariwan yang secara kebetulan melintas, menyambut baik dengan kegiatan yang dilakukan oleh Asian Agri. Serta menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian PT IIS yang sudah langsung terjun ke masyarakat desa sekitar. “Terima kasih kepada PT.Inti Indosawit Subur (PT.IIS) yang sudah memberikan perhatian kepada masyarakat yang memang sedang mengalami musibah terkena dampak asap. Beliau berharap apa yang dilakukan oleh PT. IIS , dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya,” ujarnya.


Kepala Desa Tanjung Pauh Bapak H. Alhajji dan juga Ketua BPD Desa Tanjung Pauh Bapak Yan Simon juga turun kelokasi melihat langsung aksi Asian Agri peduli ini.


Kepala Desa Tanjung Pauh, H. Alhaji juga menyampaikan terima kasih kepada Asian Agri dalam hal ini PT. IIS yang sudah melakukan aksi peduli ini. “Sebenarnya tidak perlu muluk-muluk melakukan rencana besar, tetapi aksi seperti ini saja sudah langsung bisa dirasakan masyarakat yang memang sedang dalam kesulitan,” ujarnya.


Asian Agri sendiri adalah perusahaan perkebunan sawit yang beroperasional di Sumatera Utara, Riau dan Jambi, dimana dalam menjalankan usahanya senantiasa mengedepankan prinsip-prinisp kelapa sawit yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan menerapkan prinsip “zero burning” dimana perusahaan tidak membenarkan untuk melakukan pembakaran lahan. Dan hal ini terbukti dengan berbagai sertifikasi yang telah didapatkan oleh Asian Agri, diantaranya sertifikasi RSPO, ISCC dan ISPO. ***