PEKANBARU - Di saat pandemi virus Corona, warga Riau sangat mendambakan adanya bantuan dari pemerintah. Namun hingga saat ini, bantuan itu belum juga diterima dari pemerintah kota dan kabupaten.

Bantuan tersebut selain dianggarkan lewat pemerintah kota dan kabupaten, juga lewat pemerintah provinsi. Untuk bantuan dari provinsi bernilai Rp300 ribu perbulan untuk jangka waktu bantuan tiga bulan. ''Kalau yang dari pemerintah provinsi, dananya sudah ada, kita siap menyalurkan kepada kabupaten dan kota,'' ujar Gubernur Riau, Syamsuar kepada GoRiau.com, Selasa (21/4/2020).

Dijelaskan Syamsuar kalau dana itu tinggal mengambil namun harus sesuai dengan pengajuan dari pemerintah kabupaten dan kota. ''Kita hanya menunggu pengajuan usulan dari Pemkab dan Pemko. Tapi setelah saya cek tadi ke Sekdaprov, ternyata belum ada Pemkab dan Pemko yang mengusulkan. Jadi bagaimana kita mau memberikan,'' kata mantan Bupati Siak ini.

Dikatakan, selain bantuan Rp300 ribu per warga terdampak Covid-19, Pemprov Riau juga sudah menyediakan bantuan Rp100 juta per kelurahan untuk Kota Pekanbaru, namun sekali lagi, pengajuan usulannya, juga belum diterima oleh Setdaprov.

''Kita minta semua Pemkab dan Pemko segera menyampaikan pengajuan kebutuhan sehingga Pemprov bisa secepatnya menyalurkan bantuan tersebut. Jangan berlama-lama karena saat pandemi ini, warga sangat membutuhkan,'' tutupnya. ***