PEKANBARU, GORIAU.COM - Seorang pelaku begal di Pekanbaru, Riau, jadi bulan-bulanan warga, setelah aksi merampas sepeda motor milik korban bernama Hanafi (17), gagal dilakukan, Minggu (23/8/2015) dinihari.


Dengan bermodalkan sebilah pisau, Adi (18) dan rekannya yang kini DPO berinisial Adr nekat membawa kabur motor korban jenis Suzuki Shogun SP. Apes bagi mereka, keduanya justru dikejar warga saat kabur dengan motor curian itu. Tak pelak, Adi pun bonyok dihajar masa, sebelum diamankan Polsek Senapelan, Pekanbaru, Riau. Sementara Adr, berhasil lolos.


Kejadian berawal ketika Hanafi berkendara di Jalan Kini Balu, Kecamatan Sail. Tiba-tiba dia dipepet kedua pelaku yang mengendarai sepeda motor Kawasaki D Tracker warna hitam. Waktu itu, Adi meminta Hanafi agar mau mengantarkannya ke Jalan Teratai, Kecamatan Senapelan.


Sementara Adr, yang informasinya adalah pelajar disalahsatu SMK di Pekanbaru, mengiringi dari belakang menggunakan sepeda motor Kawasaki D Tracker. Setibanya disana, Adi langsung beraksi dengan menghunuskan pisau ke perut korban.


Ia meminta supaya korban menyerahkan motor itu. Takut dilukai, Hanafi hanya bisa menurut. Dengan cepat, Adi membawa kabur motor itu, sedangkan Adr tetap memakai motor D Tracker. Setelah kedua pelaku menjauh, Hanafi langsung berteriak minta tolong, hingga memancing perhatian warga sekitar.


Dengan cepat, warga melakukan pengejaran. Karena sudah terkepung, Adi berusaha turun dari motor curiannya dan berlari. Tapi usahanya sia-sia, dan Adi pun mendapat hadiah bogem mentah warga, sebelum akhirnya diselamatkan anggota Patroli Polsek Senapelan.


Kapolsek Senapelan AKP Angga F Herlambang melalui PS Kanit Reskrim Ipda Abdul Halim, Senin (24/8/2015) mengatakan, pihaknya sudah mengamankan yang bersangkutan, untuk menjalani proses penyidikan. "Sedang kita proses. Untuk motor Shogun SP sudah diamankan sebagai barang bukti. Satu pelaku lain masih kita buru," jawabnya. (Had)