QUANG NINH - Pecatur putri Indonesia, WIM Dewi Ardhiani Anastasya Citra tampil menggigit pada pertandingan dua babak catur klasik putri SEA Games 2021 Vietnam yang berlangsung di Gedung Dai Hoi The Thao Dong Nam A Lan Thu, Quang Ning, Vietnam, Selasa (10/5/2021).

Pada babak pertama yang dimainkan pagi, Citra pangglan akrabnya, mengalahkan Irene Kharisma Sukandar. "Kemenangan Citra atas ini tidak ada masalah. Karena, poin Irene yang hilang direbut Citra," kata Pelatih Kepala Tim Nasional (Timnas) Catur Indonesia, Kristianus Liem.

Pada babak kedua, Citra kembali memetik kemenangan atas pecatur Malaysia, WFM Tan Li Ting lewat pertarungan seru dan terbuka dimana kedua pecatur berpeluang membuat kemenangan. Namun, Citra yang jauh lebih berpengalaman akhirnya dapat memanfaatkan keadaan secara maksimal untuk menambah poin.

“Semua orang adalah pesaing yang tangguh, dan saya harus mengakui bahwa saya beruntung di babak kedua itu, saya akan mempersiapkan diri dengan untuk pertandingan besok, sehingga dapat membuat strategi yang dipesan lebih dahulu,” kata Dewi.

Setelah mengalami kekalahan dari rekannya, IM Irene Kharisma Sukandar bangkit dengan menjinakkan pecatur Filipina, WIM Jan Jodilyn Fronds di babak kedua.
"Semua orang adalah ancaman, mereka adalah wakil terbaik negaranya, mereka lolos kualifikasi untuk sampai ke sini, jadi di tujuh ronde berikutnya, saya tidak boleh menyerah," kata Irine.

Irine mengakui bahwa dia bisa melakukan yang lebih baik, tetapi memilih untuk fokus bermain lebih baik di putaran mendatang. “Satu dari dua (pertandingan dimenangkan), sayangnya saya tidak melakukannya dengan baik, tetapi ini masih turnamen yang panjang, apa pun bisa terjadi. Saya perlu fokus, berkumpul kembali, dan memulai kembali dengan lebih baik besok,” tambah Irine.

GoRiau MI Irena Kharisma Sukandar kal
MI Irena Kharisma Sukandar kalahkan WIM Jan Jodilyn Fronds. (Foto: PB Percasi)

Besok, Rabu (11/5/2022), catur klasik putri kembali mempertandingkan dua babak. Pada babak ketiga, Irene akan menghadapi pecatur Filipina lagi, WGM Janelle Mae Frayna dan WGM Gong Qianyun dari Singapura di babak keempat.

"Irene akan menghadapi pertarungan berat karena kedua lawannya WGM. Tetapi, Irene yang menjadi unggulan pertama harus mampu mengalahkan Gong yang menjadi unggulan kedua dan Frayna unggulan keenam," kata Kristianus Liem.

Sedangkan Citra bertemu pecatur tuan rumah Vietnam, WGM Vo Thi Kim Phung di babak ketiga dan pecatur Thailand, WGM Arraya Prommuang. "Di atas kertas, Citra punya kemampuan untuk mengalahkan kedua pecatur dengan catatan tidak anggap remeh," jelas Kristianus Liem. ***