QUANG NINH - Pecatur andalan Indonesia, Grand Master (GM) Novendra sukses menjalani pertandingan cabang olahraga catur klasik putra SEA Games 2021 pada hari pertama yang dimainkan di Gedung Dai Hoi The Thao Dong Nam A, Lan Thu, Vietnam, Selasa (10/5/2021).

Pada pertandingan babak pertama, GM Novendra Priasmoro yang menjadi unggulan kelima menaklukkan FM Lye Like Zang dari Malaysia. Di babak kedua, Novendra membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan kedua GM Tran Tuan Minh dari Vietnam.

"Novendra menunjukkan kelasnya sebagai seorang Grand Master. Tusukan bidak b2-b4 pada langkah ke-15 membuat Mentri Tran Tuan Minh di petak a5 jadi salah tingkah dan nyaris terjebak tidak bisa pulang. Setelah langkah brillian tersebut Novendra menguasai keadaan sepenuhnya hingga Tran menyerah pd langkah 33 dengan Mentrinya kali ini pasti terperangkap," kata Pelatih Kepala Tim Nasional (Timnas) Catur Indonesia, Kristianus Liem.

“Pertandingan babak kedua memang berat, tapi saya bisa bermain tanpa tekanan, saya rasa saya sudah mempersiapkan diri dengan baik,” kata Novendra.

Sementara itu, IM Mohamad Ervan meraih kemenangan atas IM Wynn Zaw Htun dari Myanmar di babak pertama dan bermain remis melawan GM John Paul Gomez dari Filipina.

"Di babak pertama itu alot, tapi saya berhasil lolos. Untuk babak kedua, saya tidak terlalu ambil risiko, fokus besok, makanya imbang," kata Ervan.

Di babak ketiga yang akan dimainkan Rabu (11/5/2022) pagi, Novendra kembali menghadapi pecatur tuan rumah yang menjadi unggulan pertama, GM Ngoc Truong Son (2641). Sedangkan Ervan akan menjajal IM Tim Jingyao dari Singapura.

"Novendra akan menghadapi pertarungan berat. Peluang menang cukup terbuka. Namun, jika Novendra mampu menahan remis Ngoc Troung Son itu sudah merupakan hasil luar biasa," ujar Kristianus Liem.

"Karena catur klasik putra menggunakan sistem swiss maka lawan yang akan dihadapi Novendra dan Ervan pada babak keempat baru bisa diketahui setelah hasil pertandingan babak ketiga," tambahnya.

Ervan sendiri mengaku akan memanfaatkan waktu yang tersisa sebelum pertandingan babak ketiga. "Saya akan membahas strategi dengan pelatih dan punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan," kata pemain berusia 29 tahun itu. ***