JAKARTA - Banjir kembali menggenangi beberapa daerah di Jakarta pada Jum’at (19/02/2021). Banjir tersebut sebelumnya sudah diprediksi BMKG yang mengungkap akan terjadinya cuaca ekstrim di Jabodetabek pada 19-20 Februari dan mengakibatkan banjir di Jakarta.

Anggota DPR-RI dari Fraksi PKS, Anis Byarwati, langsung meninjau lokasi banjir. Legislator PKS dari Daerah Pemilihan Jakarta Timur ini menyambangi korban banjir di wilayah Cipinang Bali, tepatnya di Rw.013 Kelurahan Cipinang Muara, Jakarta Timur.

Dimana wilayah ini terdapat 3 Rw yang terdampak banjir dengan ketinggian sampai pinggang orang dewasa ( sekitar 1 meter), yaitu RW.06, RW.07 dan RW.12.

Saat mengunjungi lokasi, beberapa rumah warga di pinggiran Kali Sunter masih nampak terendam air. Nampak juga para petugas yang tengah melakukan evakuasi korban banjir. Berdasarkan informasi dari aparat setempat, terdapat sekitar 200 KK terdampak banjir pada hari ini.

Selain mengunjungi lokasi pemukiman warga dan posko pengungsian korban banjir, Anis juga mengunjungi Posko Kesehatan yang terletak di Rw.013 Cipinang Muara. Setelah berbincang dengan beberapa petugas dan masyarakat yang berada disana, Anis menilai kerja aparat dalam penanganan banjir ini cukup bagus. "Saya melihat pihak Camat, Lurah, RW dan RT di wilayah Cipinang Muara ini cukup sigap dan cepat dalam penanganan korban banjir di wilayahnya," kata Anis.

Ketua DPP PKS Bidang Ekonomi dan Keuangan ini juga bertemu dengan Wakil Camat Jatinegara beserta jajarannya, Lurah Cipinang Muara, serta ketua RW dan RT setempat yang bersama-sama dengan Anis meninjau lokasi banjir. Anis sendiri didampingi oleh Ketua BPKK DPD PKS Jakarta Timur, jajaran Pengurus DPC PKS Kecamatan Jatinegara serta para kader yang turut serta berjalan ke lokasi bersama Anis.

Sebagai tanda kasih untuk membantu para korban banjir, Anis menyampaikan sejumlah bantuan dana melalui Ketua RT setempat. Dalam dialognya bersama masyarakat, Anis menyampaikan rasa empatinya dan secara simbolis memberikan bantuan masker kepada warga setempat. Ia menyatakan dirinya sangat memberikan apresiasi kepada seluruh aparat dan komponen masyarakat yang bahu membahu secara kompak bergerak mengatasi bencana banjir.

"Semoga banjir segera surut, dan warga yang terdampak bisa kembali ke rumahnya masing-masing dalam keadaan sehat," pungkasnya.***