PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sepertinya tidak peduli akan keselamatan penumpang yang menaiki Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). Karena selain bekas, ternyata beberapa diantaranya tidak layak pakai.


Keselamatan penumpang tentu saja dipertaruhkan. Sementara pihak pengelola dinilai hanya memaksakan keuntungan daripada sisi kenyamanan penumpang itu sendiri.


Seperti yang terjadi pada bus dengan plat nomor BM 7058 JU. Dimana kondisi bus tidak penuh penumpang dirasakan miring saat beroperasi. Hal ini diakui salah satu penumpang, Andri yang baru saja turun di salah satu halte Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Riau, Minggu (22/6/2014).


"Saya sudah setiap hari naik Trans Metro, rata-rata semuanya miring. Katanya baru semua, tapi tak ada bentuk barunya," ujar Andri.


PD Pembangunan sebagai pengelola trayek dalam faktanya tetap memaksakan semua bus beroperasi. Seharusnya Trans Metro Pekanbaru yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pekanbaru harus memberikan pelayanan yang maksimal.


Bukan sebaliknya, memaksakan untuk mengoperasikan bus yang justru membahayakan keselamatan penumpang. Saat dikonfirmasi ke Dirut PD Pembangunan, Heri Susanto belum bisa memberi keterangan.


Saat dihubungi berkali-kali, Heri Susanto tidak menjawab, begitu juga pesan singkat yang dikirim tidak dibalas.(rul)