TELUKKUANTAN - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si menerima kunjungan Komisi II DPRD Provinsi Riau, Selasa (3/12/2019) di ruang kerjanya.

Kunjungan kerja Komisi II DPRD Riau ini, dipimpin langsung Ketua Komisi Robin Hutagalung, serta dua orang Dewan berasal dari Kuansing, H. Sukarmis dan Marwan Yohanes, kemudian Ardiansyah, Arva.

Kedatangan Komisi II DPRD Riau ini, bertujuan menyerap aspirasi Pemerintah Kabupaten Kuansing, melalui usulan proposal, kemudian nantinya dimasukkan dalam musrenbang.

Sebab kedepannya, kata pihak Komisi II DPRD Riau, akan banyak program yang berjalan sehingga penting disampaikan dalam penganggaran di tahun 2021.

Kemudian, H. Sukarmis, juga memyampaikan hal yang sama, ia pun menyarankan agar usulan yang disampaikan Pemkab Kuansing, dimasukkan dalam musrenbang.

Sementara Bupati Kuansing, H. Mursini, menyampaikan, Kuansing, memiliki tujuan dan sasaran sterategisnya di bidang Pertanian.

Sejauh ini, menurut Bupati petani di Kuansing, untuk pertanian padinya sudah mulai panen 2 kali setahun.

"Kondisi ini memerlukan sumber daya air yang cukup. Karenanya perlu irigasi yang memadai dan perlu dukungan dari pihak Provinsi," kata Bupati.

Untuk saat ini produksi padi Kuansing, kata Bupati baru 50 % memebuhi kebutuhan masyarakat Kuansing.

Bupati juga menyebutkan, luas area kebun di Kuansing, terdata di tahun 2018 untuk karet luasnya lebih kurang 139.072 ha, perkebunan sawit 174.653 ha, kakao 2.210,35 ha dan aneka tanaman 2.984 ha.

Kemudian, Bupati juga menyampaikan kepada Komisi II DPRD Riau, Pemkab Kuansing, di tahun 2019 masih mendapatkan bantuan dari APBD Provinsi dalam bentuk barang. Namun, nilainya belum diketahui.

Kedepanya, Bupati mengharapkan bantuan dari Provinsi terutama permodalan untuk UKM.

Terakhir legislator yang juga berasal dari Kuansing, Marwan Yohanes, memberikan apresiasi ke Pemkab Kuansing, karena telah menyalurkan bantuan bibit sawit ke masyarakat.

Kemudian, ia menyaran ketika mereka reses ia minta pihak Pemkab Kuansing, supaya hadir. "Sehingga kalau ada usulan bisa disampaikan ke kami," ungkapnya.(rls)