PEKANBARU – Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH MM mengajak seluruh lulusan Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru untuk memberikan karya terbaik bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Adil saat diberikan kesempatan menyampaikan pidato kehormatan sebagai salah seorang peserta yudisium XIV Unilak di Ballroom Pangeran Hotel, Selasa (29/3/2022).

"Mari berikan yang terbaik untuk masyarakat. Jadikan karya kita sebagai balas jasa atas segala ilmu yang kita dapat dari para dosen dan guru. Semoga menjadi ladang ibadah bagi kita semua," kata Bupati Adil.

Pada kesempatan berbahagia itu, dia juga bercerita tentang sekilas perjalanan beliau berkuliah di universitas tersebut. Niat awal untuk melanjutkan pendidikan strata dua (S2), berangkat dari pengalamannya menjadi anggota DPRD Provinsi Riau.

GoRiau Bupati Adil saat diberikan kes
Bupati Adil saat diberikan kesempatan menyampaikan pidato kehormatan sebagai salah seorang peserta yudisium XIV Unilak di Ballroom Pangeran Hotel, Selasa (29/3/2022).

"Saya berpikir dan menyadari bahwa zaman semakin berkembang, tugas saya sebagai pengemban amanah masyarakat juga semakin berat. Makanya saya butuh melanjutkan pendidikan, dengan ilmu itu bisa membantu saya ikut membangun daerah," tuturnya.

Meski begitu, kata Adil lagi, perjuangan menyelesaikan perkuliahan Magister Manajemen yang ia ambil tidak berjalan mulus. Kesibukannya sebagai seorang legislator tingkat provinsi menyebabkan kuliahnya terkendala hingga sedikit terlambat.

"Namun saya bertekad untuk menyelesaikan yang telah saya mulai. Dan ini adalah janji saya kepada diri sendiri juga kepada keluarga saya," tambah Adil.

Dalam kesempatan itu, Adil juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh civitas akademika Unilak, tempat ia menuntut ilmu dari S1 hingga S2. Dia juga meminta seluruh alumni untuk saling menjaga silaturahmi dan menjalin komunikasi guna bersama-sama membangun Riau maju, cerdas dan bermartabat.

"Terimakasih saya ucapkan kepada keluarga, istri tercinta dan anak-anak yang telah mendukung dan mendoakan saya. Begitu juga para dosen dan pembimbing tesis saya," ucapnya.

Sebelumnya dilaporkan Pelaksana Yudisium XIV Unilak, Rahmad, peserta pascasarjana Unilak berjumlah 288 orang. Terdiri dari 133 peserta Magister Manajemen dan 95 Magister Ilmu Hukum.

"Yudisium kali ini juga banyak dari kalangan pejabat, termasuk Bupati Kepulauan Meranti, Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Riau, Wakapolres Kuantan Singingi dan juga Ketua IDI Kota Pekanbaru," jelasnya.

Rektor Unilak Dr. Junaidi, SS. M.Hum mengharapkan para lulusan universitas yang mengikuti yudisium tersebut untuk menjadikan ilmu yang didapatkan sebagai pijakan dalam pengambilan keputusan, dan juga untuk mengembangkan wawasan.

"Memang kali ini yudisium para bintang, ada bupati, anggota dewan, anggota polisi dan TNI. Semoga menjadi referensi universitas di Provinsi Riau," ujarnya.

Hadir mendampingi Bupati Adil dalam yudisium itu, istrinya Rinarni dan ketiga anaknya.***