SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar membuka secara resmi Gathering Ekosistem Desa Tahun 2022, bertempat di Aula Kantor Desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat, Rabu (12/1/2022).

Wabup Asmar mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan Gathring Ekosistem Desa Tahun 2022 di Desa Sungai Cina Kecamatan Rangsang Barat tersebut. Menurutnya, kegiatan ini merupakan sinergitas antara Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Selatpanjang dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam rangka mewujudkan desa yang maju makmur dan mandiri, khususnya dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai motor penggerak.

"Ekonomi di desa dan pengembangan UMKM melalui kegiatan pendampingan, peningkatan kapasitas demi pertumbuhan bisnis mikro yang berkelanjutan di tahun 2022," ucapnya.

Dijelaskan wabup, dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi masyarakat untuk membangkitkan ekonomi masyarakat di desa. Kegiatan Gathering Ekosistem Desa tersebut bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan para pelaku usaha, karena di dalam ekosistem desa tersebut terdiri dari pemerintah dan masyarakat desa, BUMDes serta klaster usaha yang terhubung dan mendukung antara satu dengan yang lainnya untuk menciptakan proses bisnis yang berkelanjutan pada suatu desa.

"Oleh karena itu, melalui pemberdayaan ekonomi berdasarkan ekosistem desa, BRI terus melakukan pengembangan melalui berbagai pelatihan, intermediasi pelaku usaha dengan off taker, serta peningkatan penerapan teknologi dan bantuan sertifikasi produk bagi pelaku usaha di desa. Disana diharapkan akan lahir desa-desa brilian yang berdaya saing dan unggul yang dapat mempercepat pembangunan kawasan pedesaan secara nasional dan juga menjadi desa percontohan bagi desa lainnya karena dianggap tanggap, tangguh dan berinovasi," jelasnya.

Wabup mengatakan bahwa pemda akan terus berkomitmen untuk membantu membangun desa sebagai sentra produksi pangan nasional, semoga kedepannya pelaku usaha dan masyarakat di desa dapat semakin berdaya dan tangguh sehingga mendapat nilai tambah dari usaha mereka.

"Saya berharap, pihak Bank BRI dapat melakukan kerjasama dengan desa baik dalam bentuk bantuan modal usaha kepada BUMDes, pemberian pelatihan, pendampingan dan kerjasama lainya desa dalam mengelola potensinya menguntungkan kedua belah pihak," harapnya.***