US - Penjualan album telah menurun drastis selama dekade terakhir, bahkan untuk nama-nama terbesar di industri musik yang saat ini hanya mampu menjual sebagian kecil dari jumlah mereka capai dahulu.

Disrupsi dimana lebih banyak penggemar memilih untuk streaming ketimbang membeli album fisik, mungkin menjadi sebab. Meskipun, masih ada sebagian dari mereka yang bersedia merogoh kocek untuk membeli album fisik, itupun hanya untuk album favorit mereka.

Boy Band asal Korea, BTS, menduduki posisi teratas di daftar album fisik terlaris versi Nielsen tahun 2019, dengan rilis baru mereka 'Map of the Soul: Persona'.

Sejak memasuki Billboard 200 pada bulan April, mereka memimpin tiga band lain pada saat itu dan telah menjual sekitar 312.000 kopi dalam beberapa bentuk fisik. Ini merupakan prestasi nyata terutama mengingat fakta bahwa ini adalah rilis non-Inggris.

Menyusul, ada The Jonas Brothers' Happiness Begins yang berada di posisi kedua. Itupun, satu-satunya judul lain yang berhasil terjual setidaknya 300.000 salinan fisik tahun ini. Di belakang boy band itu ada band lain, yakni Backstreet Boys, yang rilis DNA nomor 1 terbarunya kini telah terjual 273.000 kopi dalam bentuk beberapa media fisik.

Mengutip Forbes, hanya empat judul yang terjual setidaknya 200.000 kopi fisik tahun ini, dan salah satunya, soundtrack Lady Gaga dan Bradley, 'Cooper A Star Is Born' yang dirilis tahun lalu. Demikian, menurut data yang dibagikan oleh Nielsen.

Di Indonesia yang juga 'demam Korea', gimana ya penjualan Album para Bangtan Boys?