PEKANBARU - Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat pengeluaran rata-rata warga Riau per bulan tahun 2022 sebesar Rp1.340.477.

Kepala BPS Provinsi Riau Misfaruddin di Pekanbaru, Jumat kemarin kemaren mengatakan, pengeluaran sebulan terakhir adalah pengeluaran konsumsi yang betul-betul dikeluarkan selama sebulan terakhir dan berakhir satu hari sebelum pencacahan, bukan pengeluaran selama setahun yang dibagi dua belas.

Misfaruddin menyebutkan, salah satu determinan dari kesejahteraan ekonomi penduduk adalah kemampuan daya beli penduduk kendati dipicu oleh dampak pandemi Covid-19.

"Peningkatan kemampuan daya beli, akan meningkatkan kemampuan penduduk untuk memenuhi kebutuhan pokok," katanya.

Tingkat kesejahteraan penduduk, katanya lagi dapat diukur melalui besarnya konsumsi/pengeluaran yang dikeluarkan oleh penduduk tersebut. Baik konsumsi makanan maupun bukan makanan selanjutnya dikonversikan ke dalam pengeluaran rata-rata sebulan.

Selama dua tahun terakhir, katanya, pengeluaran per kapita penduduk Riau memiliki pola yang sama yaitu konsumsi penduduk yang tinggal di perkotaan cenderung lebih tinggi dibandingkan yang tinggal di wilayah perdesaan. ***