PANGKALAN KERINCI – Terobosan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan membantu Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) mensukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) menuai apresiasi.

Atas dukungannya terhadap pemberian keringan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) bagi peserta program PTSL, Pemkab Pelalawan menerima penghargaan.

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A Djalil memberikan piagam penghargaan kepada Pemkab Pelalawan sebagai pemerintah daerah yang telah membebaskan atau memberikan keringanan BPHTB bagi peserta program PTSL.

"Jadi, kita memberikan keringanan pembayaran PBHTB kepada masyarakat, dengan memberikan diakon. Ada yang diskon 50 persen hingga diskon 70 persen," terang Bupati Pelalawan, H Zukri di ruang kerjanya, usai menerima penghargaan melalui Kepala Kantor BPN Pelalawan, Doni Syafrial, Rabu (18/5/2022).

Disampaikan Bupati Zukri, terobosan yang dilakukan oleh Pemkab Pelalawan di masa kepemimpinanya, sangat membantu masyarakat Kabupaten Pelalawan yang mensertifikatkan tanahnya melalui program PTSL.

"Karena ini memang sangat membantu program pemerintah dan tentunya juga membantu masyarakat. Apalagi dua tahun terakhir ini dalam kondisi pandemi Covid-19," ujarnya.

Berita Sebelumnya:
- Pemkab Pelalawan Beri Diskon BPHTB 50 Persen bagi PTSL 2022

Politisi PDIP ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada kementrian terkait atas penghargaan yang telah diberikan. "Jadi kita dapat penghargaan ini, Alhamdulillah," tandasnya.

Kepala Kantor BPN Pelalawan, Doni Syafrial menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati Pelalawan yang sudah memberikan suport dan membantu program PTSL dengan meringankan PBHTB. Sehingga PTSL di Kabupaten Pelalawan berjalan sukses.

"Dimana penghargaan ini diberikan kepada 57 kabupaten dan kota se Indonesia. Untuk Riau dari 12 kabupaten dan kota, hanya 4 yang memberikan keringanan seperti yang diberikan Pelalawan," bebernya.

Syafrial berharap program PTSL di Riau, khususnya di Kabupaten Pelalawan dapat selesai lebih cepat. "Karena adanya suport penuh dari Pemkab Pelalawan," ujar dia, kepada GoRiau.com.***