BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengusulkan sejumlah kegiatan prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau 2019-2024.

Hal itu diungkapkan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin melalui Sekretaris Bappeda Bengkalis, Rinto usai menghadiri Musrebang RPJMD Provinsi Riau Tahun 2019-2024 di Pekanbaru, Senin (1/7/2019).

Diterangkan Rinto, usulan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis tersebut meliputi sejumlah sektor. Diantaranya penguatan dan peningkatan pembangunan pariwisata Pulau Rupat; peningkatan status dari KSPN menjadi KEK Pulau Rupat. konektivitas antar pulau; jembatan, pelabuhan dan Roro.

Selanjutnya, peningkatan status dan penguatan kualitas jalan dan pengembangan wilayah pesisir dan perbatasan; penanganan abrasi, pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat dan pengelolaan lahan gambut.

"Selain usulan tersebut ke dalam RPJMD Provinsi Riau 2019-2024, kita juga mengharapkan agar Bappenas dapat mengakomodir ke dalam RPJMN 2020-2024," ungkapnya.

Harapan tersebut imbuh Rinto, dengan pertimbangan agenda-agenda besar di Riau yang harus didorong dengan dukungan APBN secara maksimal.

"Untuk itu kita harap bisa diakomodir ke dalam RPJMN sehingga dapat menjadi dasar bagi kementerian/lembaga terkait untuk menuangkan ke dalam Renstra mereka tahun 2020-2024 dan tentunya bisa diimplementasikan dalam bentuk kegiatan kongkrit mulai tahun 2020 mendatang," pungkas Sekretaris Bappeda.***