PEKANBARU - Untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap peristiwa perkembangan politik hukum serta mengukur kekritisan dan kepedulian para mahasiswa terhadap peristiwa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (FH)  Universitas Riau (Unri) menggelar Riau Law Fair dengan lomba debat hukum nasional dan karya ilmiah.

Menurut ketua pelaksana Indra Lesmana mengatakan bahwa Riau Law Fair ini sebelumnya merupakan salah satu agenda acara Pekan olahraga seni dan ilmiah, namun pada tahun ini dipecah menjadi dua dan merupakan acara perdana untuk debat, dan karya ilmiah.

"Acara Riau law fair ini merupakan perdana di buka,  namun untuk pekan olahraga seni dan ilmiah ini tetap ada namun dengan tanggal yang berbeda," kata Indra di Pekanbaru, Senin (07/01/2018).

Ia juga menyebutkan bahwa acara ini akan di adakan pada tanggal tanggal 21 Maret 2019, sebagai agenda perdana yang dibuat kali ini panitia mengangkat tema yaitu, Politik Hukum Pembentukan Undang-Undang Masyarakat Hukum Adat di Indonesia.

Adapun alasan dalam pemilihan tema itu yaitu berlandaskan Pasal 1 Ayat 3 dalam Undang-undang Dasar (UUD) 1945, yang isinya menegaskan bahwa Negara Indonesia adalah Negara hukum, dan segala tindakan yang dilakukan di Negara Indonesia harus berlandaskan dengan hukum dan harus sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

Selain itu, Indra juga menyebutkan dalam Riau Law Fair Pendaftaran lomba karya tulis ilmiah dan debat dilakukan dengan sistem online. Dalam pendaftaran online ini dilakukan tanpa seleksi. Apabila bersedia untuk membayar administrasi langsung otomatis terdaftar sebagai peserta.

Ia juga menyebutkan Kalo untuk seminar nantinya terbuka untuk umum,  tanpa ada biaya pendaftaran. Hanya saja untuk pesertanya tetbatas, dan bagi siapa saja yang ingin mengikuti,  pendaftran di buka ketika acara itu berlangsung.

Indra juga menyebutkan, dalam perlombaan Riau Law Fair ini sasarannya lebih kepada civitas akademika yang ada di Indonesia. Dan untuk pendaftarannya telah di buka sejak tanggal 1 Desember 2018 sampai 20 Februari 2019, untuk informasi lebih lengkap silahkan langsung cek di laman resmi di Riaulawunri2019. ***