BANGKINANG - Belum lama dipakai, Jalan Usaha Tani -- yang berada di Desa Batu Belah, Kecamatan Kampar, tepatnya di Dusun IV, yang dibangun menggunakan Dana Desa (DD) senilai Rp109 juta lebih, sudah rusak.

Diketahui dari papan kegiatan pembangunan desa, panjang jalan ini 1.000 meter dengan lebar minimal 3 meter dan ketebalan minimal 15 sentimeter.

Kepala Desa Batu Belah, Muhammad Zahril yang dikonformasi GoRiau.com, Selasa (21/4/2020) menyebutkan, jalan tersebut rusak akibat banjir pada awal tahun 2020. ''Rusak karena bencana banjir di awal tahun kemarin. Tentu ada kerusakan sedikit akibat air banjir itu kan,'' kata Kades Muhammad Zahril.

Akan tetapi, Kepala Desa Batu Belah ini berjanji akan memperbaikinya apabila cuaca sudah memungkinkan. Dan ia pun mengaku sudah dimusyawarahkan antara pihak desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama masyarakat setempat.

Selain itu, ia juga mengaku sempat berjanji kepada masyarakat untuk memperbaiki bagian jalan yang rusak akibat banjir itu. Namun, hingga kini janji itu belum ia realisasikan akibat cuaca yang tak mengizinkan untuk melakukan penimbunan.

Bahkan demi kesempurnaan penimbunan jalan tani ini, Muhammad Zahril mengklaim volume pengerjaan jalan tersebut pun sudah ia lebihkan dari RAB yang ada.

''Kalau panjangnya sudah lebihkan 80 meter. Kubikasi pun dalam Rencana Aggaran Biaya (RAB) 650 kubik. Itu sudah 1000 kubik lebih. Soal pemeriksaan pengerjaan penimbunan jalan ini nantinya, itu tentu merupakan ranah inspektorat," ujar Kades Batu Belah.

Sementara itu warga Batu Belah, Rajunel Jasra menilai, pembangunan jalan ini tidak sesuai dengan harapan masyarakat yang melakukan aktifitas setiap hari di jalan tersebut. Untuk itu, ia meminta BPD Batu Belah mesti jeli menyikapi terkait proyek penimbunan jalan ini. Apalagi menurutnya, Kepala Desa Batu Belah melakukan pengerjaan proyek penimbunan jalan tanpa adanya kesepakatan dengan BPD.

Dan dari papan informasi pengerjaan penimbunan jalan desa di Dusun IV ini, diketahui dana pengerjaannya mencapai Rp109 juta lebih. Adapun panjang jalan ini adalah 1.000 meter. Lebar jalan tani ini tertulis minimal 3 meter, dengan ketebalan minimal 15 sentimeter. ***