PASIR PENGARAIAN – Masyarakat Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Rokan Buku, saat ini bisa berlaga hati. Hal itu setelah jalan di desa itu sudah tuntas proses pengerasan jalannya.

Total, ada sepanjang 3,2 kilometer badan jalan yang sudah dilakukan pengerasan oleh Dinas PUPR Rohul. Menurut warga, saat ini arus kendaraan jauh lebih mudah. Aktivitas masyarakat di kawasan itu juga dirasakan kian lancar.

Seperti dituturkan Kepala Desa Kumain, Darwadi, pihaknya merasa bersyukur atas pekerjaan pengerasan jalan sepanjang 3.2 km yang dikerjakan oleh PUPR Rohul.

"Kami sangat bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih pada Pemkab Rohul melalui Dinas PUPR yang sudah memperbaiki infrastruktur jalan di Desa Kumain ini," ucap Darwadi, Jumat (24/5/2024).

Ditambahkannya, dampak peningkatan infrastruktur jalan desa tersebut membuat proses angkutan dan transportasi jadi begitu mudah.

Ditambahkannya, sebelum jalan desa tersebut diperbaiki, pihaknya terus membangun komunikasi dengan Dinas PUPR Rohul.

"Syukurlah, Pak Anton selalu Kadis PUPR bersedia mendengar suara hati masyarakat di sini. Sebelum diperbaiki, ada petugas yang datang melihat kondisi di sini. Kita memang butuh perbaikan jalan ini untuk mendukung aktivitas ekonomi masyarakat," terangnya.

Pemerataan Infrastruktur

Sementara itu, Kadis PUPR Rohul, Anton, ST, MM mengatakan, pekerjaan berupa perbaikan jalan desa di Robul, merupakan bagian dari program pemerataan infrastruktur desa di Rohul.

"Dengan serapan APBD yang terbatas, kami memiliki teknis perencanaan untuk membuat klasifikasi dan skala prioritas, desa mana yang akan dilakukan pekerjaan perbaikan," ucap Anton.

Secara teknis, kondisi akses jalan antar desa yang memiliki dampak besar bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab PUPR.

"Untuk perbaikan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab PUPR. Namun tetap melihat usulan dan skala prioritas kerusakan nya. Namun ke depan Pemkab Rohul melalui PUPR berusaha melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur akses jalan antar desa di Rohul," tutup Anton. ***