PEKANBARU - Pandemi virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Riau juga berdampak terhadap ekonomi para seniman. Dua lukisan kaligrafi Allah dan Muhammad karya Jon Kobet dilelang untuk membantu ekonomi seniman yang terdampak Covid-19, berupa sembako.

Manager Operasional dan Program Galeri Hang Nadim, Beny Riaw kepada GoRiau.com mengatakan, dua lukisan kaligrafi tersebut merupakan koleksi Galeri Hang Nadim di Begawai Institute, Anjungan Kampar, Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji, Pekanbaru.

''Bagi yang berminat bisa datang ke Ajungan Kampar, menemui saya. Harga jual per lukisan Rp75 juta, ambil dua bisa nego. Pembeli akan diberi sertifikat dengan latar belakang kaligrafi Allah dan Muhammad,'' kata Beny, Kamis (9/4/2020).

Dikatakan Beny, lelang lukisan ini upaya seniman menggalang dana. Hasil dari penjualan dua lukisan ini nantinya, 50 persen dibelikan sembako dan masker yang akan dibagikan kepada seniman yang terdata dan terkena dampak Covid-19.

"Sisa akan diserahkan kepada pengkarya dan Galeri Hang Nadim dipergunakan untuk renovasi galeri dan pelaksanaan program pameran Galeri Hang Nadim," ungkap Beny.

Beny berharap ada kepedulian dari berbagai pihak untuk merespon niat baik dari kegiatan ini. Untuk lukisan bertulisan Muhammad ukurannya 210 cm x 410 cm, sedangkan lukisan bertuliskaan Allah is beautiful 210 cm x 410 cm.

"Adapun ide menjual sejumlah karya perupa ini hasil diskusi dengan Atan Lasak dan seniman lainnya, guna mencari solusi untuk membantu meringankan beban seniman Riau yang bekerja secara informal. Namun dalam sebulan belakangan ini tidak bisa berkerja lantaran berbagai kegiatan kesenian ditunda akibat Covid-19," jelasnya. ***