SIAK SRI INDRAPURA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyalurkan bantuan keuangan (Bankeu) untuk kampung-kampung di Kabupaten Siak, dengan nominal sebesar Rp 200 juta rupiah perkampung.

Bankeu ini diharapkan, dapat dimanfaatkan dengan benar oleh pemerintahan Kampung. Salah satunya dengan membuat usaha baru dalam bentuk UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Bankeu ini diharapkan dapat digunakan sebagai modal untuk memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang sudah ada. Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Bupati Siak Alfedri, Minggu (17/11/2019).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Riau Syamsuar kepada para Penghulu Kampung di Hotel Labersa Kabupaten Kampar, Jumat (15/11/2019) lalu ini bersumber dari APBD perubahan Tahun 2019.

"Banyak usaha yang dapat dibuat di setiap kampung, modal Bankeu ini sangat mendukung Bumdes atau Bumkam dalam mewujudkan produk-produk unggulan kampung, seperti untuk perikanan, sumber air. Otomatis ini akan mengurangi angka kemiskinan yang ada dikampung-kampung, serta membuka lapangan pekerjaan.

Siti Aminah, Penghulu Kampung Banjar Seminai Kecamatan Dayun berkomitmen memajukan Bumkam. Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat menambah PAK Desa, peningkatan tenaga kerja, dan Penghasilan. ***