SIAK - Pasien Covid-19 berinisal A (50) asal Kampung Benteng Hilir, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau yang meninggal dunia Senin (27/7/2020) memiliki riwayat sakit jantung.

Direktur RSUD Tengku Rafian Siak, dr Benny Chairuddin saat dikonfirmasi GoRiau.com mengatakan, pasien A diduga meninggal akibat serangan jantung.

"Sebelum meninggal, kondisi pasien A baik-baik saja. Cuma memang punya riwayat darah tinggi dan sakit jantung. Makanya, dugaan kita beliau mengalami serangan jantung," kata dr Benny.

Setelah A dinyatakan meninggal, sisa pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Tengku Rafian Siak berjumlah 17 orang, 1 diantaranya PDP (Pasien dalam pemantauan) yang menunggu hasil swab.

"Jadi yang dalam perawatan saat ini adalah klaster Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak serta klaster Mempura. Yang PDP ini dari Bungaraya, sebelumnya dirawat dengan sakit diabetes melitus," kata dr Benny.

Di tempat terpisah, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono mengatakan pasien Covid-19 berinisial A yang meninggal merupakan ASN dari Dinas Pendidikan Kabupaten Siak.

"Pemakamannya juga sudah berlangsung di TPU khusus pasien Pandemi Covid-19 di Belantik, Kecamatan Siak siang tadi," kata Budhi.

Proses pemakaman pasien Covid-19 ini, kata Budhi, sesuai dengan protokol kesehatan. Dimana mulai dari memandikan jenazah, menyolatkan hingga menguburkannya dilakukan oleh petugas gugus yang memakai baju hazmat lengkap.

"Tadi kita juga datang ke TPU untuk melihat proses pemakamannya. Satu unit alat berat juga tadi diturunkan untuk menggali kuburannya," kata Budhi. ***