PEKANBARU - Ketua DPRD Riau, Yulisman, meminta semua pihak bisa melakukan upaya pencegahan dini dalam ancaman gelombang ketiga virus corona.

"Kita sudah diingatkan adanya kemungkinan gelombang ketiga covid, tentunya kita harus mewaspadai lonjakan kasus pada akhir tahun ini," kata Yulisman, Selasa (30/11/2021).

Apalagi, ujar Politisi Golkar ini, sebentar lagi akan memasuki libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), dimana ada potensi kerumunan yang dikhawatirkan akan menjadi klaster-klaster penularan Covid-19.

"Upaya antisipasi tentunya sangat perlu, diupayakan jangan sampai ada kegiatan yang bisa memicu munculnya klaster, pencegahan terpenting lagi pemerintah kembali mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama lakukan antisipasi," jelasnya.

Karena menurut Yulisman, semuanya bisa berkemungkinan terjadi, tergantung bagaimana cara pemerintah daerah dan masyarakat melakukan upaya pencegahan sejak awal.

Kepada masyarakat juga disampaikan Yulisman, penting untuk kembali memperketat protokol kesehatan, sebagaimana yang diminta Ahli Epidemiologi, karena upaya untuk pencegahan ini salah satunya dengan ketat Prokes.

"Disiplinkan kembali Prokes, karena kuncinya pada kita, jangan sampai kita abai," ujarnya.

Terpenting dalam disiplin Prokes ini menurut Yulisman, tetap menggunakan masker, cuci tangan dan tetap menjalankan arahan sesuai aturan kementerian kesehatan soal antisipasi penularan Covid-19.

"Bila tidak perlu sekali jangan bepergian kemana-mana dulu akhir tahun ini,"ujarnya.

Selain itu percepatan pemberian vaksinasi kepada masyarakat juga harus digesa, karena saat ini Riau masih banyak yang belum menerima vaksin untuk menciptakan herd Immunity.

Sebagaimana diketahui, ada potensi peningkatan kasus baru Covid-19 di tanah air dan munculnya ancaman varian baru lagi menjadi kekhawatiran bagi masyarakat, termasuk di Riau yang beberapa hari terakhir kembali muncul kasus dengan kluster baru. ***