PEKANBARU - Satuan Brigade Mobil (Brimob) Daerah Polda Riau, siaga I dan melakukan patroli selama 24 jam penuh. Tindakan ini diambil, guna mencegah adanya aksi teror bom, yang secara terang-terangan sudah digembar-gemborkan kelompok radikal.

Tidak hanya menyiagakan ribuan personil di tempat sarana ibadah, Polda Riau juga menurunkan Tim Gegana Brimobda, untuk melakukan patroli rutin selama 24 jam penuh, menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2016, yang menyisakan hitungan hari saja.

Langkah itu diambil, untuk mengantisipasi adanya pelaku teror (terorisme,red) yang disinyalir sudah menyebar, dan bersiap-siap melakukan aksinya saat perayaan Natal dan tahun baru nanti, dengan kode sandi 'konser', baik di tempat ibadah, pusat keramaian dan acara-acara besar lainnya.

"Selain Brimob, seluruh satuan yang ada di Polda Riau, mulai dari intelijen dan petugas patroli sudah menyebar untuk melakukan antisipasi dini menjelang Natal dan tahun baru," ujar Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo, di ruangannya, Senin (21/12/2015) sore.

Langkah itu, ditujukan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti tragedi bom di Pekanbaru, tahun 2000 lalu, dimana sasarannya, salahsatu gereja di Kota Pekanbaru, Riau. "Apalagi sudah ada ancaman yang disebar kelompok radikal sebelumnya. Kita harus siaga," sambungnya.

Walau sudah Siaga I, Guntur menghimbau agar masyarakat tidak perlu resah. Ia meminta seluruh lapisan untuk bekerjasama menciptakan keamanan dan ketertiban, dengan melaporkannya ke polisi, jika ada menemukan gerakan sekelompok orang yang mencurigakan.

"Apapun laporan yang berpotensi menciptakan gangguan keamanan, akan ditindak dengan cepat. Untuk itu kepada masyarakat harap segera melaporkan ke kita (kepolisian,red)," tukas Guntur. "Kita tidak ingin khidmat perayaan Natal dan tahun baru dirusak oleh aksi teror," tukasnya kepada GoRiau.com. ***