PEKANBARU, GORIAU.COM - Panitia Penyelenggra Ujian Nasional 2013 Provinsi Riau menyatakan ada sekitar 200 siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di wilayah itu yang tidak lulus UN. "Kalau ada anggota geng motor di dalamnya, dipastikan juga tidak lulus. Namun tergantung lagi pihak sekolahnya," kata Ketua Panitia UN Riau, Sri Petri Haryanti di Pekanbaru, Jumat (24/5/2013).

Namun demikian, sejauh ini belum diketahui apakah ada anggota geng motor pimpinan Suardirejo alias Klewanag (57) yang mengikuti Ujian Nasional tahun ini. Ditanya kota atau kabupaten mana dengan tingka kelulusan tertinggi, Sri mengaku belum memiliki data pastinya mengingat masih ada beberapa sekolah yang nilai UN-nya masih kosong atau bermasalah.

"Untuk nilai UN yang masih kosong tersebut, kami sedang mengkonfirmasikannya ke pihak sekolah," kata dia.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau M. Wardan menyatakan tingkat kelulusan Ujian Nasional 2013 tingkat SMA dan SMK di Riau mencapai 99,93 persen. "Kami sudah hampir mencapai target, hanya 0,07 persen yang tidak lulus UN," kata Wardan di Pekanbaru.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Riau, UN SMA sederajat di Provinsi Riau tahun ini diikuti 69.933 peserta. Mereka terdiri atas 50.307 pelajar SMA, Madrasah Aliyah, dan SMK 19.623 pelajar. "Jumlah kelulusan hampir sama seperti tahun lalu," ujarnya.

Menurut dia, dari 0,07 persen siswa yang tak lulus UN paling banyak adalah dari tingkat SMA untuk jurusan IPS. Sedangkan, tingkat kelulusan SMA jurusan SMA mencapai 99,95 persen.(fzr)