BANGKINANG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar, Riau kedatangan salah seorang anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia asal Kabupaten Kampar, Edwin Pratama Putra SH. Pertemuan awak media yang bernaung di bawah organisasi wartawan tertua itu berlangsung di Sekretariat PWI Kabupaten Kampar di Jalan Ahmad Yani, Bangkinang, Sabtu (3/10/2019) kemarin.

Kedatangan Edwin bersama istri dan beberapa orang staf merupakan kunjungan kerja perdana sejak dilantik sebagai anggota DPD RI masa bakti 2019-2024. Ia disambut Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani SE bersama salah seorang Dewan Penasehat Aprizal SE dan sejumlah pengurus dan anggota.

Di ruang konferensi pers, PWI Edwin melakukan diskusi bersama pengurus dan anggota PWI Kampar sekaligus memperkenalkan dirinya bersama istri. Banyak harapan disampaikan pengurus dan anggota PWI Kampar dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban itu.

Baik Ketua PWI Kampar Akhir Yani maupun Dewan Penasehat PWI Kampar Aprizal menyampaikan kondisi anggota PWI Kampar saat ini dan sejauhmana hubungan wartawan dengan pemerintah daerah. Mereka berharap melalui DPD RI ada alokasi anggaran untuk wartawan maupun media untuk mendapatkan porsi yang wajar guna mendukung kegiatan jurnalistik terutama dalam mengekspos potensi Kabupaten Kampar maupun pembangunan yang dilaksanakan.

PWI Kampar juga siap untuk mendukung pemberitaan anggota DPD RI agar seluruh program anggota DPD di Riau bisa diketahui masyarakat secara luas.

Sementara itu Bendahara PWI Kampar Dedi Irawan SSos mengharapkan pertemuan wartawan dengan senator asal Riau ini mempunyai nilai tambah untuk kemajuan daerah. Diharapkan ada gagasan, ide, konsep yang mampu dilahirkan untuk Kampar yang lebih baik.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua PWI Kampar Bidang Diklat Adi Jondri Putra SSos yang mengharapkan Edwin sebagai perpanjangan tangan rakyat mampu mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat Riau seperti masih berlarut-larutnya tapal batas antara Kabupaten Kampar dengan Rokan Hulu di wilayah lima desa.

Pada kesempatan ini Edwin Pratama Putra menyampaikan beberapa ide agar peran wartawan dalam mendukung pembangunan semakin meningkat. Ia juga menyampaikan sejumlah saran kepada insan pers. Salah satu adalah menyarankan agar wartawan, terutama di PWI Kampar, mampu memicu kegiatan diskusi yang melahirkan pemikiran-pemikiran positif untuk kemajuan masyarakat.

"Gelarlah diskusi minimal sebulan sekali. Undang anggota DPD dan DPR RI. Wartawan jangan minder membuat diskusi," cakap Edwin.

Ia juga menyarankan PWI membuat daftar inventaris masalah dan kemudian didiskusikan dan ditindaklanjuti dengan pemberitaan yang memancing solusi penyelesaian.

Dalam kesempatan ini, anggita Komite II DPD RI mengungkapkan bahwa dirinya siap berkolaborasi dan kerjasama dengan PWI Kampar bahkan memberikan ruang PWI setiap kali pelaksanaan reses menyampaikan pokok pikirannya kepada masyarakat.

"Anggota DPD sekurang-kurangnya empat kali reses dalam setahun," terangnya.

Usai menggelar dialog, Edwin didaulat melakukan penanaman pohon pelindung di halaman sekretariat PWI Kampar bersama Ketua PWI Kampar Akhir Yani dan Dewan Penasehat PWI Kampar Aprizal. Penanaman pohon ini merupakan bagian dari program PWI Kampar menanam. Acara diakhiri ngopi bareng dan makan siang bersama di Burbaks Cafe di Jalan Ahmad Yani, Bangkinang. ***