JAKARTA - Setelah melalui negosiasi, akhirnya Arsyadjualiandi Rachman atau yang biasa disapa Andi Rachman mundur dari pencalonan sebagai Ketua Golkar Riau, Rabu (4/3/2020). Dengan mundurnya Andi Rachman, otomatis Ketua DPD II Partai Golkar Siak yang juga Gubernur Riau, Syamsuar akan memimpin Golkar Riau lima tahun kedepan.

Ketua PP Sumatera 1-DPP Golkar Idris Laena saat dikonfirmasi GoRiau.com, Rabu (4/3/2020) malam mengatakan, kesepakatan telah dibuat demi kemajuan Partai Golkar.

''Pak Andi menyatakan mundur, dan memberi kesempatan kepada Bapak Syamsuar untuk memimpin Golkar Riau lima tahun kedepan,'' ujarnya.

''Jadi karena hanya ada satu calon maka Musda Golkar Riau akan dilaksanakan dengan musyawarah mufakat untuk menunjuk Syamsuar secara aklamasi sebagai ketua DPD I Golkar Riau,'' jelasnya.

Sebelumnya, baik Andi Rachman maupun Syamsuar berencana sama-sama maju sebagai calon Ketua Partai Golkar pada Musda yang awalnya akan digelar 1 - 2 Maret 2020. Namun Musda akhirnya ditunda karena masih ada sengketa pada tiga DPD II Golkar Riau. ***