JAKARTA – Agnes Monica Muljoto degan nama keren Agnez Mo mengusik jiwa nasionalis masyarakat Indonesia. Terseret kontroversial setelah mengaku tidak memiliki darah Indonesia. Kini ucapan itu terlanjur berbuntut panjang.

Belum lama ini, Agnez Mo memang tampil memukau di Red Carpet AMA 2019. Melenggang dengan gaun kuning cerah. Dia diteriaki penggemarnya di Los Angeles.

Tapi belum redup dengan pujian, dia justru membuat pernyataan mengejutkan. Dalam wawancara dengan media asing, secara mengejutkan, ia justru mengaku tidak miliki darah Indonesia. Publik Indonesia heran, warganet menghujat.

Pada acara Build Series by Yahoo, seorang host menanyakan soal keberagaman Indonesia, dan kenapa Agnez terlihat berbeda dengan orang Indonesia kebanyakan. Wanita berusia 33 tahun, yang telah merasakan manisnya panggung hiburan Tanah Air sejak jadi penyanyi cilik, mengaku tak memiliki darah Indonesia. Dia anak bungsu dari pasangan Jenny Siswono dan Ricky Muljoto.

"Iya.. karena sebetulnya saya tidak punya darah indonesia. Saya sebetulnya (berdarah) Jerman, Jepang, dan China, dan saya lahir di Indonesia," ujar Agnez dalam video yang diunggah ke YouTube pada 22 November 2019. Soal keberagama agama di Indonesia, Agnez juga menyampaikan fikirannya dengan agak keras. Tapi dia tidak bersedia disebut tidak pantas berada di Indonesia.

"Saya juga Kristen. Indonesia kan mayoritas muslim. Karena itu saya selalu merasa... bukan berarti saya tak pantas berada di sana. Tapi orang-orang di sana selalu menerima dan mensupport saya apa adanya," katanya.

Banyak hujatan terarah pada Agnez Mo. Dianggap tidak mengakui sebagai orang Indonesia. Wawancara dia di Amerika saat itu memunculkan banyak kegeraman publik. Gelombang sinis dari anak muda muncul di sosial media.

Kebencian terhadap apa yang sudah diucapkan Agnez Mo belum selesai. Mereka, anak muda ini justru membandingkan rasa nasionalisme Agnez Mo dengan mantan bintang porno, Maria Ozawa.

Dukungan Maria Ozawa terhadap Timnas U-22 menyita perhatian jutaan penonton Timnas di layar kaca yang sedang menunggu debut Timnas Indonesia melawan Thailand di Stadion Rizal Memorial, Manilia dalam perdana Grup B SEA Games 2019, Selasa malam, 26 November 2019.

Dengan baju skuat Garuda, Maria Ozawa mengaku sengaja datang langsung ke stadion untuk mendukung perjuangan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan. Dia bersorak gembira, karena Timnas U-22 memetik kemenangan penuh.

"Saya datang untuk memberi dukungan kepada Indonesia. Saya akan bersorak jika Indonesia menang," kata Maria Ozawa saat diwawancara tvOne.

Sebelum pertadingan dimulai, bahkan Maria Ozawa, yang dikenal dengan nama Miyabi itu sudah mengunggah poster dukungan untuk Indonesia. Meski tidak terlalu peduli kalau dukungan Maria Ozawa ternyata kampanye sebuah rumah judi, karena memang dia merupakan duta rumah judi, tapi publik justru lebih menyoroti dukungan Miyabi yang mengenakan jersey Timnas Indonesia.

Kemudian jelas bayak dikaitkan dengan pernyataan Agnez Mo yang mengaku tak memiliki darah Indonesia.Akun Instagram VIVAbola yang mengunggah Miyabi langsung dibanjir komentar dan kebanyakan berkaitan dengan apa yang disampaikan Agnez Mo di Amerika.

"Sindiran buat AgM," kata akun @rekzyrafsanjani95. "Jokowi kalau ngk salah pernah mengundang ke Istana. Masikah Bapak bangga sama dia, yang katanya sudah bikin harum Indonesia. Jadi pertayaan, bikin harus sebelah mananya," ujar akun @abyband_mandala.

Kewarganegaraan Agnes Mo Bisa Tidak Sah

Gawat. Apa yang terjadi pada Aqnes Mo jelas mengancam nama baiknya di Tanah Air. Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana turut angkat bicara mengenai hal ini.

"Bila Agnez Mo memiliki kewarganegaraan Indonesia, maka perlu dipertanyakan dari mana kewarganegaraan Indonesia tersebut didapat. Sebab, bila orangtua Agnez Mo bukan warga negara Indonesia dan bila Agnez Mo berkewarganegaraan Indonesia, maka kewarganageraannya besar kemungkinan diperoleh secara tidak sah," katanya.***